• Alumni
  • Alumni

Prodi Teknik Elektro Perkenalkan Inovasi Baru Lewat Podcast Umsida Menyapa

Umsida.ac.id – Menipisnya cadangan bahan bakar minyak dan batubara sebagai energi primer pembangkit listrik yang dimiliki perusahaan listrik negara (PLN) saat ini membuat permintaan energi ke PLN cukup tinggi. Podcast Umsida menyapa yang disiarkan langsung di youtube UMSIDA 1912 dengan narasumber Izza anshory, MT, selaku kaprodi tenik elektro Umsida, kamis, (04/03) membahas tentang Inovasi Teknologi Untuk Membangun Start Up di Bidang Energi Terbarukan.


Pada podcast tersebut, ia menjelaskan bahwa energi menjadi 2 yaitu energi terbarukan dan energi tidak terbarukan. Energi tidak terbarukan seperti minyak bumi, batubara yang mulai puluhan tahun lalu diambil terus menerus untuk memenuhi kebutuhan energi manusia membuatkeberadanya semakin langka. Dan karena explorasi yang dilakukan secara terus menerus menyebabkan kerusakan alam yang luar biasa, seperti yang terjadi di daerah kalimantan, papua, dan daerah lainya.
Permasalahan lain yang disebabkan penggunaan energi tidak terbarukan yang berlebihan adalah meningkatnya emisi gas rumah kaca. “padahal indonesia berkomitmen untuk menurunkan emisi sebesar 29% pada 2030 dan 41% dengan bantuan internasiaonal” ujar beliau pada podcast tersebut
Dari masalah-masalah tersebut sangatlah penting untuk memanfaatkan energi terbarukan yang ada diindonesia. Inovasi untuk menangani masalah yang timbul dari energi tidak terbarukan tersebut.

“Tergantung pandai-pandainya pribadi manusia itu untuk membaca, iqro”. Yang artinya setiap pribadi harus bisa membaca dan mengamati lingkungan. Ada beberapa hal yang dapat dijadikan energi terbarukan seperti energi matahari dengan media solar sel, air, dan juga angin. Itulah beberapa contoh energi terbarukan yang dapat digunakan untuk membangkitkan energi listrik.


Dalam podcast tersebut ia menceritakan bahwa prodi elektro di umsida sudah memiliki beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan pemanfaatan energi terbarukan, dan bahkan sudah banyak mendapatkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Prodi elektro juga memiliki keunggulan untuk sistem elektonika industi khususnya dibidang energi terbarukan. Diakhir podcast pak izza berpesan untuk terus berprestasi. “jangan gunakan corona sebagai masalah/alasan untuk berheti berprestasi, tetapi gunakan sebagai untuk lebih berprestasi.” pungkasnya.

ditulis : Yunardhika

Edit : Asita Salsabila

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI