Umsida.ac.id – Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DPRM) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan webinar Hasil Riset dan Abdimas III. Acara ini diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting, pada Kamis (8/4). Penelitian ini dilakukan oleh Dr Rahmania Sri Untari SPd MPd, Akbar Wiguna SPd MPd, dan Rugaya Meis Andhiarini SPd M Psi.
Dosen Pendidikan Teknologi Informasi, Dr Rahmania Sri Untari SPd MPd mewakili tim menyampaikan pagelaran hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat Umsida tahun akademik 2020-2021. Dengan Judul riset “Game Edukasi Berbasis Android Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Pada Masa Pandemi Covid-19”.
Penelitian ini dilakukan sejak tahun 2020 di wilayah Malang. Hal ini dikarenakan kota Malang adalah salah satu kota pendidikan yang juga membutuhkan sentuhan akan kebutuhan pembelajaran daring dengan game edukatif. Pandemi Covid-19 berdampak terhadap pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) antara lain peserta didik, guru, serta orang tua PAUD.
Semenjak pandemi pembelajaran sekolah berubah menjadi online (Daring). Oleh karena itu, tim peneliti berinisiatif agar guru dengan muridnya tetap berinteraksi selama proses pembelajaran. Selain menggunakan aplikasi tatap muka secara virtual seperti zoom, google meet, guru harus memiliki inovasi agar pembelajaran terlihat menarik. Menurut penelitian Bank Dunia, Covid-19 dapat mengakibatkan loss of schooling sebesar 0,6 tahun sehingga dapat mengurangi dampak positif masa sekolah dari 7,9 tahun menjadi 7,3 tahun.
Game edukasi berbasis android merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas belajar anak – anak dengan cara bermain sambil belajar. Game ini menggunakan 3 kosakata bahasa yakni bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab. Penggunaan kosakata ini diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam berbahasa.
Rahmania menyampaikan kegiatan tersebut dapat mengembangkan tingkat kecerdasan anak. “Media pembelajaran berbasis game edukasi ini dapat dikembangkan menggunakan software adobe flash CS6 yang berisi tentang konten 9 tema pembelajaran yaitu tema diriku, lingkungan, binatang, keluarga, tanaman, negaraku, kendaraan, alam semesta, dan kesilaman,” paparnya dalam webinar. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Game Edukasi Berbasis Android.
Penulis : Anis Yusandita
Edit : Asita Salsabila