• Alumni
  • Alumni

Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat

Umsida.ac.id – Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa Kebon Anom Nur Ravita Hanun SE MA melakukan pendampingan karang taruna (kartar). Ia menjelaskan dalam webinar series DPRM Umsida 2021 Session III dalam progam Hibah Riset dan Abdimas melalui virtual meeting, Kamis (8/4). “Pendampingan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa Kebon Anom apalagi dalam masa pandemi saat ini, tentunya mereka kesulitan dalam memasarkan produk, terus kemudian pendampingan ini diharapkan bisa menunjang ekonomi masyarakat menjadi lebih baik,” jelasnya.


Sebelum adanya pendampingan, Kartar mempunyai kegiatan dalam pengelolahan lahan kosong. “Teman-teman karang taruna itu sudah punya lahan di bantaran sungai, yang biasanya di tanami dengan sayur maupun buah seperti kangkung, bayam,tomat, dan cabai. Sayangnya kegiatan tersebut tidak berjalan lancar sebelum kami mendampingi untuk mengelolah lahan,”ujarnya.


Pendampingan kartar Kebon Anom dilakukan melalui digital marketing, branding produk, dan produk industri rumah tangga (P-IRT). Sehingga menarik simpati masyarakat dan lahirlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bernama gambir anom.


Menurut Dosen Akuntansi Umsida ada beberapa kendala dalam melakukan pendampingan kartar Kebon Anom seperti , tidak mempunyai brand, kemasan produk belum sesuai, tampilan kurang menarik, pemasaran yang belum jelas, keadaan modal yang sulit. “Berjalanya proses pendampingan tentunya mengalami suatu kendala seperti, tidak mempunyai brand, kemasan produk belum sesuai, tampilan kurang menarik, pemasaran yang belum jelas, keadaan modal yang sulit, untuk itu kita perlu analisis terlebih dahulu “ Ujarnya sambil mempresentasikan gambar produk olahan bayam karya kartar Kebun Anom.


Di akhir acara, ia menjelaskan keberhasilan pendampingan kartar desa Kebon Anom adalah meningkatnya perekonomian masyarakat. “Melalui daya saing produk yang tinggi, Kami berhasil meningkatkan ekonomi masyarakat, kebutuhan pasar yang meningkat, pendapatan yang meningkat, tidak hanya itu bahkan kami mengajarkan berbisnis online, yang pastinya sangat memudahkan bagi masyarakat, “ tutupnya.


Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

Edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Keberhasilan Puasa ala Dirut RSA Siti Fatimah
May 10, 2021
HMTI Umsida Adakan Bagi Takjil dan Buka Bersama
May 8, 2021
Berkah Ramadan, Lazismu Umsida Bagi Takjil Bersama Ormawa
May 5, 2021
Umsida Ikuti Sosialisasi program KIP Kuliah Merdeka 2021
April 30, 2021
Solusi Cerdas Desa Lewat Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Web
April 30, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI