• Alumni
  • Alumni

Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android

Umsida.ac.id – Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DPRM) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengadakan webinar Hasil Riset dan Abdimas III. Acara ini diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting, pada Kamis (8/4). Penelitian ini dilakukan oleh Dr Rahmania Sri Untari SPd MPd, Akbar Wiguna SPd MPd, dan Rugaya Meis Andhiarini SPd M Psi.

Dosen Pendidikan Teknologi Informasi, Dr Rahmania Sri Untari SPd MPd mewakili tim menyampaikan pagelaran hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat Umsida tahun akademik 2020-2021. Dengan Judul riset “Game Edukasi Berbasis Android Menggunakan Metode Game Development Life Cycle (GDLC) Pada Masa Pandemi Covid-19”.

Penelitian ini dilakukan sejak tahun 2020 di wilayah Malang. Hal ini dikarenakan kota Malang adalah salah satu kota pendidikan yang juga membutuhkan sentuhan akan kebutuhan pembelajaran daring dengan game edukatif. Pandemi Covid-19 berdampak terhadap pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) antara lain peserta didik, guru, serta orang tua PAUD.

Semenjak pandemi pembelajaran sekolah berubah menjadi online (Daring). Oleh karena itu, tim peneliti berinisiatif agar guru dengan muridnya tetap berinteraksi selama proses pembelajaran. Selain menggunakan aplikasi tatap muka secara virtual seperti zoom, google meet, guru harus memiliki inovasi agar pembelajaran terlihat menarik. Menurut penelitian Bank Dunia, Covid-19 dapat mengakibatkan loss of schooling sebesar 0,6 tahun sehingga dapat mengurangi dampak positif masa sekolah dari 7,9 tahun menjadi 7,3 tahun.

Game edukasi berbasis android merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas belajar anak – anak dengan cara bermain sambil belajar. Game ini menggunakan 3 kosakata bahasa yakni bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab. Penggunaan kosakata ini diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam berbahasa.

Rahmania menyampaikan kegiatan tersebut dapat mengembangkan tingkat kecerdasan anak. “Media pembelajaran berbasis game edukasi ini dapat dikembangkan menggunakan software adobe flash CS6 yang berisi tentang konten 9 tema pembelajaran yaitu tema diriku, lingkungan, binatang, keluarga, tanaman, negaraku, kendaraan, alam semesta, dan kesilaman,” paparnya dalam webinar. Penelitian ini menghasilkan produk berupa Game Edukasi Berbasis Android.

Penulis : Anis Yusandita

Edit : Asita Salsabila

Leave a Reply

Berita Terkini

Keberhasilan Puasa ala Dirut RSA Siti Fatimah
May 10, 2021
HMTI Umsida Adakan Bagi Takjil dan Buka Bersama
May 8, 2021
Berkah Ramadan, Lazismu Umsida Bagi Takjil Bersama Ormawa
May 5, 2021
Umsida Ikuti Sosialisasi program KIP Kuliah Merdeka 2021
April 30, 2021
Solusi Cerdas Desa Lewat Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Web
April 30, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI