• Alumni
  • Alumni

Upaya Menanggulangi Sampah Organik, Tim KKN-P 61 Umsida Ubah Sampah Organik Menjadi Hand Sanitizer Eco-Enzyme

Umsida.ac.id – Dalam upaya meminimalisir sampah di lingkungan sekitar, Tim Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) Kelompok 61 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar acara Workshop Pengelolaan Sampah Organik Menjadi Hand Sanitizer Eco Enzyme, bertempat di dusun Plumpang, desa Penambangan, pada Sabtu (20/03).

Kegiatan penyuluhan ini memiliki tujuan untuk mengatasi permasalahan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) terkait pengolahan sampak organik. Penyuluhan yang diadakan oleh tim KKN-P 61 menghadirkan pembicara salah satu Dosen Umsida Dr Syamsudduha Syahrorini ST MT,  yang merupakan ahli dalam bidang Eco-Enzyme.

Eco Enzyme merupakan sampah organik yang difermentasi selama tiga-enam bulan. Dalam proses pembuatannya, membutuhkan bahan – bahan yang sederhana dan mudah dijangkau. Bahan tersebut antara lain 6 Liter dengan volume  ± 10 liter, bahan organik 1.800 gram (kulit nanas, apel, pir, papaya, pisang, daun kelor, sawi/pakcoy), dan molase atau biasa disebut tetes tebu 600 gram.

Proses pembuatan Eco Enzyme semua bahan yang telah disebutkan dicampur dalam suatu wadah kedap udara dan difermentasi selama 3 – 6 bulan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan suatu produk yang berkualitas. Berikut merupakan beberapa manfaat Eco Enzyme antara lain : 1) membantu mengurangi limbah atau sampah organik basah sehingga zero waste, 2) membantu menyadarkan masyarakat pentingnya penggunaan pembersih rumah tangga termasuk disinfektan yang ramah lingkungan, 3) meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sayur-sayuran dan buah-buahan sehat. Standart baik pada Eco-Enzyme yakni pH dibawah 4.0, yang memiliki aroma asam segar khas fermentasi.

Tim KKN-P 61 Umsida mengajak Kelompok Bank Sampah untuk mengikuti proses pembuatan Eco-Eznyme. Dengan tujuan agar mereka mengetahui bagaimana cara memanfaatkan sampah organik. Kegiatan tersebut dapat menjadi tambahan penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Lebih lanjut, tak hanya memberikan penyuluhan tim KKN-P desa Penambangan Umsida juga membagikan beberapa bahan serta  melakukan pendampingan kepada Kelompok Bank Sampah untuk menerapkan langsung bagaimana cara membuat Eco-Enzyme. Hasilnya dibawa pulang untuk melanjutkan proses fermentasi. Untuk menindaklanjuti apabila Kelompok Bank Sampah ada yang kurang mengerti maka tim KKN-P memberikan nomor Whatssapp agar bisa menghubungi langsung.

Salah satu anggota Kelompok Bank Sampah, Murti menyampaikan senang dan antusias mengikuti kegiatan penyuluhan  Eco-Enzyme. “Senang rasanya mendapatkan ilmu baru. Apabila Eco-Enzyme sudah jadi nanti akan saya promosikan kepada anggota kelompok lainya terlebih dahulu,” ujarnya. Dengan adanya Eco-Enzyme ini mampu meminimalisir terjadinya hal-hal buruk baik bagi lingkungan, dan juga kesehatan.

Penulis : Isnaini Khusnul Khotimah dan Erzha Indah Dwi Pratiwi

Editor  : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI