Menjadikan Sekolah Swasta sebagai Pilihan Calon Peserta Didik

Menjadikan Sekolah Swasta Sebagai Pilihan Calon Peserta Didik

Umsida.ac.id– Adanya kebijakan zonasi yang diselenggarakan sejak tahun 2019, menjadi sebuah kabar baik sekaligus kabar buruk untuk beberapa sekolah swasta. Kabar baiknya, sekolah swasta kembali menjadi pilihan untuk para peserta didik yang jarak rumahnya jauh dari sekolah negeri, Nsmun hal ini menjadi kabar buruk untuk sekolah swasta yang letaknya berdekatan dengan sekolah negeri.

Kebijakan zonasi ini memiliki tujuan untuk pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia, dan peserta didik tidak lagi terlambat ke sekolah. Sehingga dengan adanya kebijakan ini, sekolah swasta kembali mengatur strategi untuk menjadi sekolah pilihan calon peserta didik.

Disinilah, branding sekolah menjadi sangat penting dan menjadi sebuah hal yang wajib, ditambah era teknologi zaman sekarang dapat mempengaruhi banyak masyarakat melalui sosial media. Semakin eksis di kaca handphone masyarakat, maka sekolah tersebut akan menjadi salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan oleh masyarakat di luar sana.

Maka, penulis melakukan wawancara bersama wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo yang menjadi sekolah swasta favorit masyarakat Sidoarjo. Memiliki visi dan misi yang dibuktikan secara nyata, serta memiliki tujuan yang besar, SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo memiliki branding yang kuat di mata masyarakat Sidoarjo hingga luar kota sidoarjo.

Branding yang di bangun oleh SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo menganut 4 konsep, yakni identitas branding, penentu posisi branding, komunikasi branding, dan personality branding.

Identitas branding yang digunakan oleh SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo adalah sekolah Muhammadiyah yang menggunakan pendidikan holistik. Artinya, sekolah tersebut merupakan sekolah yang melibatkan semua aspek, mulai dari jiwa hingga raga dari peserta didik itu sendiri.  Jadi secara singkatnya, identitas branding di mata masyarakat mengartikan bahwa SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo adalah sekolah yang menggunakan semua kecerdasan peserta didik sebagai prioritas utama. Cara yang mereka lakukan adalah dengan melakukan tes minat bakat peserta didik sebelum masuk ke tahap pembelajaran, tes kemampuan dan kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik, yang kemudian diklasifikasikan ke beberapa jenis kelas, seperti kelas unggul di bidang akademik, non akademik dan lain sebagainya.

Dilanjutkan dengan penentu posisi branding yang mana menjadi pembeda dengan sekolah swasta lainnya yaitu memiliki unit usaha yang terus di lakukan, memiliki sportcenter, auditorium dan lain sebagainya.

Kemudian pada personality branding, sekolah SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo memiliki tujuan yang berkemajuan dan memiliki rencana menjadi sekolah bertaraf ASEAN di tahun 2020-2036. Dengan didukung kelas internasional yang dimiliki, menjadikan hal tersebut sebagai langkah awal dalam mencapai tujuan.

Komunikasi branding tidak kalah pentingnya dalam hal ini. Didukung menjadi sekolah yang berada dalam naungan langsung persyarikatan Muhammadiyah, sekolah ini dapat menjalin komunikasi yang baik dengan sekolah-sekolah Muhammadiyah lainnya.

Empat branding tersebut menjadikan SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo menjadikan sekolah swasta yang sukses, ditambah dengan penguatan sosial media yang terus digencarkan oleh sekolah tersebut. Sekolah ini bahkan memiliki banyak peminat di instagram yaitu sebanyak 6.409 pengikut, tiktok sebanyak 4.107 pengikut, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo menjadi salah satu sekolah swasta yang memilki branding melekat di masyarakat Sidoarjo.

Branding tersebut dapat dicontoh oleh sekolah swasta lainnya, sehingga dapat bersaing di tengah kebijakan zonasi. Menjadi sekolah yang lokasinya di tengah kota tentu menjadi tantangan tersendiri, namun dengan membangun branding yang baik di hadapan masyarakat, akan menjadikan sekolah swasta tersebut sebagai pilihan utama peserta didik, dan pasti akan mendapat kepercayaan penuh di lingkungan masyarakat.

Penulis: Najmy Hanifah

Editor: Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida

Berita Terkini

Dakwah Terpadu DAIK Umsida dan Korkom IMM
3 Rangkaian Program Dakwah Terpadu DAIK dan Korkom IMM Umsida di PCM Tarik
June 6, 2025By
LKMM TL BEM Umsida 2025 3
LKMM TL BEM Umsida 2025, Bekal Mahasiswa Sebagai Pemimpin dan Mengabdi kepada Masyarakat
June 4, 2025By
Company Visit UKM KWU Umsida
Gelar Company Visit ke Industri Madu, UKM KWU Umsida Gali Banyak Ilmu Wirausaha
June 3, 2025By
sertifikat halal Perumda Delta Tirta
Perumda Delta Tirta Sidoarjo Kini Miliki Sertifikat Halal, Didampingi Oleh Halal Center Umsida
May 24, 2025By
kedokteran gigi andil di Kongres PDGI ke 28
Dosen dan Mahasiswa Kedokteran Gigi Umsida Meriahkan Kongres PDGI ke-28
May 23, 2025By
podcast kebijakan publik Umsida dan LHKP PWM Jatim
Podcast Literasi Kebijakan Publik, Sarana Strategis Umsida dan LHKP PWM Jatim Edukasi Masyarakat
May 22, 2025By
HIMPAUDI Jatim dan Umsida _11zon
HIMPAUDI Jatim Jalin Kerja Sama dengan Umsida, Tingkatkan Kualifikasi Guru PAUD
May 22, 2025By
penyerahan SK jabatan struktural fakultas dan prodi
Serahkan SK Jabatan Tingkat Fakultas dan Prodi Periode 2025-2027, Ini Pesan Rektor Umsida
May 21, 2025By

Riset & Inovasi

Good Posture Jadi Fokus Fikes Umsida dalam Edukasi Pelajar SMA
Good Posture Jadi Fokus Fikes Umsida dalam Edukasi Pelajar SMA
June 3, 2025By
UMKM ikan Rangkah Kidul3
Dosen Umsida Dampingi UMKM Ikan Desa Rangkah Kidul yang Masih Terdampak Covid 19
June 1, 2025By
pendampingan bumdes Desa Jatiarjo3
Tingkatkan Ekonomi Desa Jatiarjo, Tim Abdimas Umsida Implementasikan SDGs 8
May 31, 2025By
inovasi biochar manfaatkan lumpur lapindo
Wujudkan SDGs 15 dan Manfaatkan Lumpur Lapindo, Dosen Umsida Buat Biochar Tongkol Jagung
May 30, 2025By
abdimas pengolahan sampah_11zon
Ajarkan Pengolahan Sampah Kepada Masyarakat, Dosen Umsida Wujudkan SDGs-13
May 28, 2025By

Prestasi

juara 3 Pilmapres 2025 2
Jadi Juara 3 Pilmapres PTMA, Mahasiswa Umsida Siap Lanjut ke Tingkat LLDIKTI
March 27, 2025By
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
March 25, 2025By
Umsida Bersinar! Cinthya Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
Umsida Bersinar! Cinthya Putri Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
March 20, 2025By
ASEAN Competition di Sabet Mahasiswa Umsida
Prestasi Gemilang! Aprilia Ayu Harumkan Umsida ke Panggung Internasional AEF 2025
March 10, 2025By
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
March 6, 2025By