Menjadikan Sekolah Swasta sebagai Pilihan Calon Peserta Didik

Menjadikan Sekolah Swasta Sebagai Pilihan Calon Peserta Didik

Umsida.ac.id– Adanya kebijakan zonasi yang diselenggarakan sejak tahun 2019, menjadi sebuah kabar baik sekaligus kabar buruk untuk beberapa sekolah swasta. Kabar baiknya, sekolah swasta kembali menjadi pilihan untuk para peserta didik yang jarak rumahnya jauh dari sekolah negeri, Nsmun hal ini menjadi kabar buruk untuk sekolah swasta yang letaknya berdekatan dengan sekolah negeri.

Kebijakan zonasi ini memiliki tujuan untuk pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia, dan peserta didik tidak lagi terlambat ke sekolah. Sehingga dengan adanya kebijakan ini, sekolah swasta kembali mengatur strategi untuk menjadi sekolah pilihan calon peserta didik.

Disinilah, branding sekolah menjadi sangat penting dan menjadi sebuah hal yang wajib, ditambah era teknologi zaman sekarang dapat mempengaruhi banyak masyarakat melalui sosial media. Semakin eksis di kaca handphone masyarakat, maka sekolah tersebut akan menjadi salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan oleh masyarakat di luar sana.

Maka, penulis melakukan wawancara bersama wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo yang menjadi sekolah swasta favorit masyarakat Sidoarjo. Memiliki visi dan misi yang dibuktikan secara nyata, serta memiliki tujuan yang besar, SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo memiliki branding yang kuat di mata masyarakat Sidoarjo hingga luar kota sidoarjo.

Branding yang di bangun oleh SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo menganut 4 konsep, yakni identitas branding, penentu posisi branding, komunikasi branding, dan personality branding.

Identitas branding yang digunakan oleh SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo adalah sekolah Muhammadiyah yang menggunakan pendidikan holistik. Artinya, sekolah tersebut merupakan sekolah yang melibatkan semua aspek, mulai dari jiwa hingga raga dari peserta didik itu sendiri.  Jadi secara singkatnya, identitas branding di mata masyarakat mengartikan bahwa SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo adalah sekolah yang menggunakan semua kecerdasan peserta didik sebagai prioritas utama. Cara yang mereka lakukan adalah dengan melakukan tes minat bakat peserta didik sebelum masuk ke tahap pembelajaran, tes kemampuan dan kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik, yang kemudian diklasifikasikan ke beberapa jenis kelas, seperti kelas unggul di bidang akademik, non akademik dan lain sebagainya.

Dilanjutkan dengan penentu posisi branding yang mana menjadi pembeda dengan sekolah swasta lainnya yaitu memiliki unit usaha yang terus di lakukan, memiliki sportcenter, auditorium dan lain sebagainya.

Kemudian pada personality branding, sekolah SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo memiliki tujuan yang berkemajuan dan memiliki rencana menjadi sekolah bertaraf ASEAN di tahun 2020-2036. Dengan didukung kelas internasional yang dimiliki, menjadikan hal tersebut sebagai langkah awal dalam mencapai tujuan.

Komunikasi branding tidak kalah pentingnya dalam hal ini. Didukung menjadi sekolah yang berada dalam naungan langsung persyarikatan Muhammadiyah, sekolah ini dapat menjalin komunikasi yang baik dengan sekolah-sekolah Muhammadiyah lainnya.

Empat branding tersebut menjadikan SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo menjadikan sekolah swasta yang sukses, ditambah dengan penguatan sosial media yang terus digencarkan oleh sekolah tersebut. Sekolah ini bahkan memiliki banyak peminat di instagram yaitu sebanyak 6.409 pengikut, tiktok sebanyak 4.107 pengikut, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa SMA 2 Muhammadiyah Sidoarjo menjadi salah satu sekolah swasta yang memilki branding melekat di masyarakat Sidoarjo.

Branding tersebut dapat dicontoh oleh sekolah swasta lainnya, sehingga dapat bersaing di tengah kebijakan zonasi. Menjadi sekolah yang lokasinya di tengah kota tentu menjadi tantangan tersendiri, namun dengan membangun branding yang baik di hadapan masyarakat, akan menjadikan sekolah swasta tersebut sebagai pilihan utama peserta didik, dan pasti akan mendapat kepercayaan penuh di lingkungan masyarakat.

Penulis: Najmy Hanifah

Editor: Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida

Berita Terkini

pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By
Umsida dan PT Mellcoir Sport Indonesia
Magang di PT Mellcoir Sport Indonesia, Mahasiswa Umsida Ikut Expo UMKM di Jakarta
October 3, 2025By
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny
Bramasgana di Ponpes Al Khoziny: Sekitar 60 Korban Masih Tertimbun
October 2, 2025By
Umsida kampus ramah nonmuslim
Jadi Kampus Ramah Latar Belakang Agama, Ini Cerita Malvin dan Keluarga Tentang Umsida
September 3, 2025By
workshop open data Jawa Timur
Open Data Jadi Kunci Analisis Berbasis Bukti dalam Workshop Statistik Sektoral Seri 11
August 25, 2025By
Umsida dan Pemkab Sidoarjo
Pertemuan Umsida dan Pemkab Sidoarjo, Bahas Kolaborasi Strategis dalam Pengembangan Potensi Daerah
August 20, 2025By
Fikes Expertise
FIKES Xpertise, Program Fikes Umsida Edukasi Kesehatan Remaja
August 19, 2025By
BPH Umsida dan BPH Umri
BPH Umsida Sambut Kunjungan BPH Umri, Bahas 3 Topik Ini
August 19, 2025By

Riset & Inovasi

hibah PTTI dan PISN
Dosen Umsida Raih Hibah PTTI dan PISN 2025, Kenalkan Sidoarjo Melalui Film Dokumenter Budaya
October 7, 2025By
inovasi alat pembakaran sampah tanpa asap 3
Alat Pembakaran Sampah Tanpa Asap, Inovasi Dosen Umsida Tekan Masalah Sampah
September 25, 2025By
sekolah rakyat
Berkesempatan Mengajar di Sekolah Rakyat, Ini Pendapat Dosen Umsida
September 17, 2025By
tong sampah ramah lingkungan
KKNT 23 Umsida Rancang Tong Sampah Ramah Lingkungan untuk Kurangi Polusi Asap
September 10, 2025By
inovasi bell kuis
Bell Kuis, Inovasi Tim PKM Umsida Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah 5 Porong
August 14, 2025By

Prestasi

hibah PTTI dan PISN
Dosen Umsida Raih Hibah PTTI dan PISN 2025, Kenalkan Sidoarjo Melalui Film Dokumenter Budaya
October 7, 2025By
Pomnas 2025
Pomnas 2025, 2 Skrikandi Umsida Bawa Pulang Juara
October 7, 2025By
reviewer monev hibah abdimas
3 Dosen Umsida Dipercaya Jadi Reviewer Monev Hibah Abdimas
October 6, 2025By
Pojok Statistik Umsida
Pojok Statistik Umsida Raih Peringkat 1 Nasional Kategori Binaan BPS Kabupaten
October 6, 2025By
apresiasi publikasi ilmiah 1
Penghargaan Publikasi Ilmiah Jadi Bukti Komitmen Umsida Majukan Riset Akademik
September 19, 2025By