• Alumni
  • Alumni

Bantu Perekonomian Warga Kesiman, Tim KKN-P Branding Ketela

Umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) 2020 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) gelar pelatihan inovasi pengolahan ketela di kediaman Nur Supono, warga desa Kesiman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, pada Kamis (30/01).

Berawal dari survey sumber mata pencaharian bersama Kepala Desa, Kepala Dusun, Pamong, dan perangkat lainnya kesetiap rumah dan kebun warga, tim KKN-P mendapat informasi bahwa, mayoritas warga Kesiman menjadikan petani ketela dan produsen ketela sebagai mata pencahariannya.

Selain itu, dalam proses produksinya, warga cenderung hanya mengelola ketela dengan cara direbus dan digoreng.

Melihat kondisi itu, tim KKN-P berinisiatif untuk menyelenggarakan pelatihan pengelolaan ketela, hingga akhirnya menjadi berbagai bentuk hasil olahan yang memiliki nilai jual lebih tinggi dan bisa menjadi produk unggulan desa Kesiman.

Pelatihan itu turut dihadiri ibu PKK dan ibu Kepala Desa. Dalam sesinya, terdapat berbagai hasil olahan ketela yang berhasil tim KKN-P ajarkan pada saat pelatihan. Diantaranya yakni lumpia ketela lumer, nugget ketela, puding ketela, dan beberapa hasil olahan lainnya, “Berbagai jenis olahan ketela ini kami beri nama OLET’S sebagai brand,” ungkap Ananto Ikhlil Baktiar selaku ketua tim KKN-P.

“Tentu harapan kami, warga Desa Kesiman terutama ibu-ibu bisa mengelola ketela menjadi berbagai hasil olahan, sehingga nantinya hasil olahan tersebut bisa membantu perekonomian warga desa setempat, dan memajukan desa Kesiman menjadi desa sentra ketela,” imbuhnya.

Dari kegiatan yang digelar oleh tim KKN-P, Titik Helmi Affandi selaku ibu Kepala desa Kesiman mengungkapkan, “Adanya kegiatan ini sangat membatu warga desa Kesiman, terutama ibu-ibu PKK untuk lebih berkreasi lagi dalam mengolah ketela,” pungkasnya.

Ditulis Oleh : Anita Firdaus

Editor : Sayyidatunisa

Leave a Reply

Berita Terkini

Ketua PWM Jatim: Allah memiliki Skenario
April 10, 2021
Umsida Gelar Takziyah Virtual Kenang Nadjib Hamid
April 10, 2021
Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI