• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA Umsida Inovasi Lotion Berbahan Lidah Buaya


ajax loader

Umsida.ac.id – Untuk memenuhi tugas mata kuliah (matkul) pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics (STEM), Fikrotul Azizah mahasiswa program studi (prodi) pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berhasil menginovasi handbody lotion berbahan alami, Selasa (8/2).

Pembuatan handbody lotion alami ini bertujuan untuk menghindari penggunaan bahan-bahan berbahaya pada handbody lotion yang saat ini marak digunakan, maka dari itu, perlu adanya pemanfaatan bahan-bahan alami di sekitar yang mengandung senyawa kimia bahan alam, tentunya aman bagi kulit.

Mahasiswa semester 5 itu mengungkapkan awal mulanya ia mengetahui inovasi tersebut. “Awalnya, mencari dari youtube tentang produk-produk inovatif yang terbuat dari bahan alami, kemudian kami menemukan cara membuat handbody lotion alami menggunakan beeswax (lilin lebah), setelah dicari beberapa sumber literatur dari jurnal, beeswax ini ternyata juga banyak mengandung senyawa bahan alam yang baik untuk melembabkan kulit, lalu dimodifikasi dengan menambahkan lidah buaya, dimana lidah buaya mengandung banyak senyawa bioaktif yang baik untuk kulit tubuh, sehingga handbody lotion dinamakan Habiloera,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Cara pembuatan Habiloera yaitu dengan melelehkan minyak zaitun dan lilin lebah (beeswax) yang telah diparut. Selanjutnya menuangkan gel lidah buaya ke dalam campuran minyak zaitun dan beeswax sambil dihaluskan menggunakan mixer, hingga tercampur merata. Campuran tersebut ditetesi minyak esensial geranium untuk memberikan efek aroma harum bunga pada handbody lotion, kemudian diaduk lagi hingga rata, dan menghasilkan tekstur yang mirip dengan handbody lotion pada umumnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan manfaat Habiloera. “Inovasi lotion alami dari aloe vera bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada kulit, seperti kulit kering akibat kurangnya nutrisi, dengan memakai lotion tersebut, maka dapat menghaluskan kulit dan melembabkan kulit, karena didalamnya mengandung bahan-bahan alami yang aman bagi kulit,” ujar Azizah.

Adapun perbedaan lotion Hebiloera dengan lotion pada umumnya yaitu terletak pada bahan utama yang digunakan. Pada lotion lainnya menggunakan gliserin, sedangkan pada lotion Hebiloera menggunakan beeswax (lilin lebah) sebagai bahan utamanya.

Ia berharap, dengan adanya produk ini mampu memotivasi dan menginspirasi lebih banyak orang untuk menuangkan ide dan kreativitasnya dalam membuat sebuah produk dengan menggunakan bahan alami disekitar kita, yang tentunya, bermanfaat bagi lingkungan sekitar, selain itu,  dapat menumbuhkan jiwa problem solver yang baik pada diri seseorang.

Ditulis : Muhammad Asrul Maulana

edit : Asita Salsabila


Berita Terkini

Tingkatkan Kinerja Guru BK, Umsida Gelar Pelatihan Guru BK Se-Kabupaten Sidoarjo
May 17, 2022
KLL Lazismu Umsida Bagikan Mie Helti ke Karyawan
May 12, 2022
Sekum PP Muhammadiyah : Budaya Halal Bi Halal Milik Bangsa Indonesia
May 11, 2022
Umsida Launching PT Umsida Sinergi Utama dan Ekspor Perdana 2500 Tanaman Hias
May 10, 2022
Pererat Silaturahmi dan Launching Unit Bisnis, Umsida Gelar Halal Bi Halal
May 10, 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI