strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan

Intip 3 Strategi Marketing untuk Mendapat Loyalitas Konsumen

Umsida.ac.id – Dalam pemasaran, perubahan yang cepat dalam dunia usaha dan persaingan yang intens menuntut perusahaan untuk melakukan inovasi dan mempertahankan keunggulan produk. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah melalui strategi pemasaran, termasuk peluncuran produk baru dan menciptakan pengalaman atmosfer yang positif.

Dalam topik ini, Dra Lilik Indayani MM, dosen prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama mahasiswanya membuat penelitian berjudul Pengaruh Citra Merek, Atmosfer, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen. 

Baca juga: Perilaku Seksual Pranikah pada Remaja: Media Tak Seberpengaruh Teman Sebaya

Penelitian ini berjenis kuantitatif dan menjadikan konsumen Heritage Of Handayani Sidoarjo sebagai populasi penelitian. Mereka adalah konsumen yang telah atau pernah membeli produk (makanan atau minuman) sebanyak lebih dari 2 kali dengan minimal usia 17 tahun.

Definisi loyalitas konsumen

Loyalitas konsumen didefinisikan oleh sikap dan perilaku pelanggan, termasuk keinginan untuk membeli kembali, merekomendasikan produk, dan tidak tertarik pada produk pesaing. Loyalitas konsumen memberikan keuntungan bagi perusahaan, termasuk promosi yang efektif dan dukungan terhadap pengembangan posisi pasar dan lini produk.

Citra merek (brand image)
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

Citra merek adalah sebuah merek yang berkesan dan muncul dalam ingatan konsumen. Merek diidentifikasi sebagai elemen yang membantu perusahaan mengembangkan posisi pasar dan memperluas lini produk. Merek memungkinkan konsumen memilih dan membedakan produk tanpa pemeriksaan teliti.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Beberapa hal yang membuat strategi brand image berhasil adalah:

  • Pengenalan melalui media sosial dan rekomendasi konsumen yang sering berkunjung menjadi salah satu metode pengenalan yang efektif..
  • Popularitas dalam menangani reservasi dengan baik.
  • Reputasi baik di masyarakat sebagai salah satu restoran keluarga terbaik di Sidoarjo.
  • Varian menu yang banyak, bervariasi, enak, dan harga terjangkau.
  • Tempat yang nyaman dan pelayanan yang baik.

Berkat penerapan brand image yang baik, Heritage Of Handayani di Sidoarjo berhasil membangun reputasi yang positif di kalangan konsumen. Konsumen cenderung setia berkunjung ke Heritage Of Handayani sebagai pilihan utama untuk berkumpul bersama keluarga atau rekan kerja.

Atmosfer
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

Atmosfer merupakan konsep suasana yang dapat menarik minat konsumen dengan sasaran pasar yang tepat. Misalnya internal layout, suara, aroma, tekstur pada instore, desain interior, eksternal layout, tekstur, pada outstore, dan desain interior.

Baca juga: Stres? Coba Tadabbur Surat Al-Insyirah untuk Menurunkan Stres Akademik Mahasiswa

Dalam analisis tersebut, beberapa aspek atmosfer yang diterapkan dengan baik oleh Heritage Of Handayani di Sidoarjo antara lain:

  • Penggunaan tekstur atau dekorasi yang mencakup tata letak rooftop untuk menyajikan pemandangan gedung tinggi.
  • Internal layout atau variasi pada setiap ruangan dan tempat hiburan.
  • Lokasi yang strategis dengan lahan parkir luas dan aman.
  • Kemudahan penyewaan lantai satu untuk acara pernikahan atau keluarga.
  • Fasilitas yang memadai untuk acara seperti lift, tangga, dan roof terrace.
  • Hiburan live music untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.
Lihat Juga :  #Kadrun Mencuat Lagi Jelang Pesta Demokrasi, Kata Riset Dosen Umsida

Dengan demikian, penerapan atmosfer yang baik oleh Heritage Of Handayani di Sidoarjo memainkan peran penting dalam menciptakan loyalitas konsumen. Kombinasi dari faktor-faktor atmosfer seperti dekorasi, fasilitas, dan suasana menyenangkan, memberikan dampak positif terhadap pengalaman konsumen dan membuat mereka ingin kembali untuk menikmati layanan di Heritage Of Handayani.

Kepuasan pelanggan
strategi untuk menciptakan loyalitas pelanggan
Ilustrasi: Freepik

kepuasan konsumen merupakan suatu persepsi perilaku konsumen tentang minat beli terhadap barang ataupun jasa yang manfaatnya dapat dirasakan serta dibandingkan dengan harapan yang diciptakan oleh konsumen

Kepuasan konsumen merupakan sebuah perasaan (feedback) pelanggan setelah menggunakan produk atau jasa pada sebuah produk. Para konsumen tersebut bisa menciptakan word of mouth kepada calon konsumen lain dan tercipta citra merek. Nantinya, feedback pelanggan akan memunculkan keputusan pembelian pada perusahaan yang sama.

Baca juga: 3 Problematika Penggunaan Gadget pada Anak SD dalam Belajar Al-Qur’an

Dari penelitian ini disimpulkan bahwa kepuasan konsumen berdampak positif terhadap loyalitas konsumen di Heritage Of Handayani di Sidoarjo. Beberapa faktornya meliputi:

  1. Ciptaan cita rasa dan menu yang bermacam-macam. Heritage Of Handayani berhasil menciptakan cita rasa yang khas dan menyediakan berbagai menu makanan dan minuman yang enak, memenuhi selera konsumen dari berbagai kalangan usia.
  2. Pemahaman terhadap selera konsumen. Heritage Of Handayani memahami dengan baik selera konsumen dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Hal ini tercermin dari variasi menu makanan yang disajikan.
  3. Kenyamanan tempat dan fasilitas yang menarik. Kenyamanan tempat, suasana fancy, dan adanya rooftop yang menarik menjadi faktor penting yang menyumbang pada kepuasan konsumen. Fasilitas seperti karaoke juga menambah nilai positif.
  4. Pelayanan cepat, ramah, dan profesional. Pelayanan yang cepat, ramah, dan profesional memberikan kontribusi besar terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menciptakan pengalaman positif selama kunjungan.
  5. Rekomendasi Positif dari Konsumen. Kepuasan konsumen di Heritage Of Handayani menghasilkan efek positif berupa rekomendasi kepada teman dan kerabat. Ini dapat berkontribusi pada pertumbuhan pelanggan potensial.

Dengan menjaga kualitas ciptaan cita rasa, variasi menu, kenyamanan tempat, dan pelayanan yang baik, Heritage Of Handayani dapat terus mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumennya. Rekomendasi positif dari konsumen juga dapat menjadi aset berharga untuk pertumbuhan bisnis.

Sumber: Dra Lilik Indayani MM

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

medical check up FK Umsida
Gelar Medical Check Up di CFD, Kontribusi FK Umsida Bantu Masyarakat Deteksi Dini Penyakit
July 5, 2025By
ide bisnis himaksida 2
Ide Bisnis Kreatif Para Pelajar Tampil Menginspirasi di Kompetisi Himaksida 2025
July 4, 2025By
Prof Hana dan Para Lulusan FPIP
Para Lulusan FPIP Dapat Wejangan dari Warek 1 Umsida, Siap Menyongsong Masa Depan
July 3, 2025By
yudisium FPIP Umsida
Yudisium FPIP Umsida Periode I 2025, Lulusan Siap Terjun ke Dunia Profesional
July 2, 2025By
lomba matematika Himaksida
Lomba Matematika dan Akuntansi Satukan Logika dan Analisis di Ajang AMC 2025
July 1, 2025By
pembekalan mahasiswa Umsida
Calon Mahasiswa Umsida Lulusan 2025 Dibekali Seminar dan Pendampingan Eksklusif
July 1, 2025By
MoU Umsida dan Pengadilan Agama Sidoarjo 4
MoU Pengadilan Agama Sidoarjo dan Umsida, Sinergi Kembangkan Pendidikan Hukum
June 27, 2025By
motivasi mahasiswa KIP-K Umsida 3
Mahasiswa KIP-K Umsida 2025 Dapat Pesan Ini dari Ketua Senat FMIPA IPB
June 27, 2025By

Riset & Inovasi

pentingnya keamanan pangan 1
Ajak Melek Literasi Keamanan Pangan, Warek 1 Umsida Andil di Pendampingan PSAT
June 30, 2025By
pemeriksaan gigi 1
Gelar Pemeriksaan Gigi Bumil, FKG Umsida Edukasi 22 Ibu untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut
June 24, 2025By
tanaman pionir Lumpur Sidoarjo 3
Peneliti Umsida Manfaatkan Tanaman Pionir Sebagai Agen Fitoekstraksi di Lumpur Sidoarjo
June 12, 2025By
FKG Umsida aktif di abdimas 1
Peran Aktif FKG Umsida Kepada Para Lansia, Edukasi Kesehatan Gigi di Usia Senja
June 12, 2025By
potensi Lumpur Sidoarjo 2
Temukan Potensi di Lumpur Sidoarjo, Peneliti Umsida Kolaborasi dengan PPLS
June 11, 2025By

Prestasi

Ikom Umsida juara Silat Apik
Tak Hanya Delegasi Mahasiswa, Ikom Umsida Juga Raih 2 Juara Ini di SILAT APIK PTMA 2025
July 4, 2025By
ikom Umsida potret masyarakat Cirebon
Potret Masyarakat Cirebon dalam Audio Visual, 4 Mahasiswa Ikom Borong Prestasi Silat Apik 2025
July 3, 2025By
ikom Umsida silat apik 3
Ikom Umsida Borong 11 Prestasi di Silat Apik UM Cirebon 2025
July 2, 2025By
Umsida Kampus Islami Terbaik III_11zon
Umsida Jadi Kampus Islami Terbaik III pada Muhammadiyah Higher Education Awards 2025
June 30, 2025By
mahasiswa Administrasi Publik Umsida
Mahasiswa Administrasi Publik Juara 1 Kumite +84 Kg Senior Putra Piala Guberur Jatim Cup
June 28, 2025By