• Alumni
  • Alumni

AIK Multikultural Untuk PTM yang mayoritasnya mahasiswa Non Muslim

Umsida.ac.id – Di tengah tuntutan pembaharuan, inovasi, dan pengayaan dalam pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama Asosiasi Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (ALAIK) gelar Workshop AIK Nasional secara virtual, Senin (15/02). Acara tersebut menghadirkan pemateri Profesor Dr Tobroni Msi.

Pada kesempatannya, ia menerangkan mengenai pola keberagamaan Muhammadiyah disingkat menjadi 5S yang disarikan dari Triple A tokoh Muhammadiyah (Ahmad Dahlan, AR Facruddin, dan Abdul Malik Fadjar). Pertama, substantif. yang maksudnya inti dari beragama adalah iman dan amal sholeh. Kedua, seimbang. “Yang ketiga, simpel. Dalam urusan ibadah itu simpel, beribadah sesuai dengan perintah dalam Al-Quran dan hadist shahih. Lalu yang keempat adalah sareh. Muhammadiyah tidak bersifat ekslusif dan kelima adalah saleh. Kesalehan secara ritual dan sosial.” tuturnya.

Kemudian, menurut Profesor Dr Tobroni, AIK perlu direkonstruksi secara konstektual, sehingga dapat sesuai dengan permasalahan mahasiswa. Ada 4 dimensi yang digerakkan AIK, yakni mencerdaskan (intelektual), mengimankan (spitirual), menggerakkan (sosial), dan mencerahkan (emosional). “Jangan sampai pemahaman AIK kita kontradiktif dengan ilmu pengetahuan,” ungkap Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa AIK multikultural disusun untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang mayoritasnya mahasiswa non muslim. Maka kepada mahasiswa tersebut, dosen perlu memberikan orientasi atau arahan, serta diajarkan tema-tema universal, seperti tema alam dan mengulas pengalaman bertuhan tokoh-tokoh barat. Dengan demikian, akan tercipta ruang diskusi yang menarik antara mahasiswa dengan dosen dalam mempelajari islam. “Ilmu itu bagaimana kita bisa susun bersama. Mari kita kembangkan bersama dan diskusi dengan mahasiswa.” tandasnya.

ditulis : Shinta Amalia

edit : Asita Salsabila

Leave a Reply

Berita Terkini

Sarpras Umsida Siap Menghadapi Perkuliahan Tatap Muka
February 25, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Memahami Fintech dan Digital Marketing Lewat Webinar
February 25, 2021
Umsida Optimalkan Perkuliahan Tetap Berjalan Saat Pandemi lewat Fasilitator dan e-learning
February 24, 2021
Lewat Webinar, Umsida Ajak Masyarakat lebih dekat kenali Fintech Syariah
February 24, 2021
Umsida Gelar Webinar Kebijakan Pendidikan di Amerika Serikat Masa Covid-19 dan Munculnya Fenomena Self Education
February 24, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI