• Alumni
  • Alumni

Anak Kesulitan Belajar Daring, Mahasiswa KKN-T Umsida Ajak Para Orang Tua Pahami Teknologi

Umsida.ac.id – Aprilia Pratiwi, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terpadu (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) beri pemahaman teknologi terhadap para Orang Tua dalam pembelajaran daring di desa Keramean, Candi, Sidoarjo, Senin (7/9).

Pemahaman teknologi ini diperuntukkan untuk anak-anak Sekolah Dasar yang Orang Tuanya masih kurang paham teknologi. “Karena di masa pandemi ini yang mengharuskan siswa belajar dari rumah, para orang tua yang mendampingi anak belajar dituntut agar paham teknologi. Namun, masih banyaknya orang tua dari anak-anak SD di Desa Keramean yang gaptek (gagap teknologi) dan kesulitan untuk menggunakan aplikasi pembelajaran online. Maka, tim KKN-T 39 berinisiatif melakukan pendampingan teknologi secara door to door ke rumah warga, agar setiap anak dan Orang Tua dapat melakukan pembelajaran dengan lancar,” tuturnya.

Tak hanya pendampingan teknologi yang diberikan, mahasiswa semester tujuh itu menyampaikan bahwa penerapan protokol kesehatan tetap diberlakukan selama kegiatan berlangsung. “Pendampingan belajar ini menggunakan aplikasi Google Classroom dan Google Meet yang dilaksanakan selama satu bulan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga anak-anak tetap aman,” terangnya.

Aprilia berharap agar para Orang Tua dalam mendampingi anak belajar secara daring di rumah dapat berjalan lancar. “Semoga anak-anak yg orang tuanya gaptek (gagap teknologi) bisa belajar dengan lancar tanpa terkendala kemampuan dalam penggunaan teknologi di masa pandemi seperti ini,” pungkasnya.

ditulis : Erika Mulia Arsy

Edit : Etik Siswatiningrum

Leave a Reply