• Alumni
  • Alumni

Latih Wirausahawan Muda, Umsida tanda Tangani MoU Dengan USAID-YEP

Umsida.ac.id – Untuk meningkatkan soft skil mahasiswa di dunia kerja, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menandatangani
Memorandum of Understanding (MoU) dengan USAID Youthwin Through Economic Project (USAID-YEP PROJECT), Jum’at (13/11).
MoU ini terkait tentang Pelaksanaan Program Pelatihan Ketrampilan Hidup Berbasis Keuangan (Financial Life Skills).

Penandatanganan perjanjian dilakukan secara virtual yang dihadiri oleh kedua belah pihak yaitu umsida yang diwakili oleh Warek III bidang kemahasiswaan dan kerjasama Eko Hardiansyah M Psi Psikolog , Direktur DK2A Hasan Ubaidillah SE MM, Kasie Pin PKU (Pusat Informasi Pengembangan Karir Umsida) Bayu Hari Prasojo SSi MPd dan tim kerjasama umsida sedangkan dari pihak USAID dihadiri oleh Rini Amidjoyo selaku direktur program USAID-YEP beserta tim.

Dalam penyampaian sambutannya, Warek III bidang kemahasiswaan dan kerjasama Eko Hardiansyah M Psi Psikolog berharap kerjasama yang terjalin dengan pihak USAID dapat memberikan pengembangan ketrampilan softskill terutama kepada mahasiswa Umsida. Kedua belah pihak sepakat perjanjian kemitraan ini memberikan keuntungan dalam hal pengembangan kedua lembaga. Selain itu, pembekalan mahasiswa setelah lulus juga merupakan salah satu program kerja yang disepakati oleh kedua belah pihak karena mahasiswa sebagai salah satu pihak yang paling rentan menjadi pengangguran setelah lulus dengan memberikan pelatihan dan peluang kepada mereka sehingga bisa berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Adapun Tujuan dari Perjanjian Kemitraan ini adalah untuk membekali kaum muda usia 18–34 tahun dengan Keterampilan Hidup berbasis Keuangan/ Financial Life Skills (FLS) sehingga meningkatkan kesiapan kerja dan keterampilan wirausaha untuk mencapai jenjang karir yang lebih baik, khususnya dalam berkarir di kabupaten/ kota/ provinsi asal mereka. USAID YouthWin Through Economic Participation (USAID YEP) atau Pemuda Jaya melalui Partisipasi Ekonomi merupakan konsorsium perancang dan pelaksana Program Pelatihan Keterampilan Hidup Berbasis Keuangan di bawah inisiatif multi-program USAID KUNCI yang terfokus pada Pembangunan Tenaga kerja Terinklusi (Inclusive Workforce Development Program) yang didanai oleh USAID Indonesia (Badan Bantuan Luar Negeri Amerika Serikat untuk Indonesia). Sesuai dengan isi dalam perjanjian Kerjasama diharapkan penyusunan strategi keberlanjutan program (exit strategi) yang nantinya dapat membangun kerjasama lebih lanjut dan lebih luas dan membawa manfaat bagi kedua belah pihak dalam upaya perbaikan perekonomian negara.

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) dan USAID YEP menyelenggarakan Penandatanganan MoU pada hari Jum’at (13/11) secara virtual. Acara ini dihadiri oleh Warek III , Direktur DK2A, Kasie Pin PKU dan staf di lingkungan Universitas UMSIDA. Penandatanganan MoU oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dr. Hidayatulloh, Msi yang diwakili dengan Warek III Bp. Eko Hardiansyah S.Psi., M.Psi. diharapkan dengan adanya pelatihan Financial Life Skill kedepannya terus berkembang dan memberikan manfaat yang baik kepada kedua institusi. Hal serupa juga disampaikan oleh ibu Rini Amidjono (Chief of Party USAID-YEP) yang sangat senang dengan adanya kerjasama UMSIDA & USAID YEP. Karena program ini juga menjadi wacana dari pemerintah untuk mengatur keuangan dengan baik. Acara penandatanganan MoU ini akan dilanjutkan dengan pelatihan Financial Life Skill yang terdiri dari 1000 peserta yang dibagi 25 batch dan 1 batch maksimal 40 peserta.

Leave a Reply