• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa KKN-P 51 Umsida, Ajak Warga Balong Macekan Manfaatkan Lahan Lewat Hidroponik

Umsida.ac.id – Meski masa pandemi Covid-19 belum usai, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) 51 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berantusias lakukan program kerja budidaya tanaman hidroponik sayuran. Kegiatan tersebut didampingi oleh Drs Akhmad Mulyadi Ec MSA selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta diikuti Karang Taruna Balong Macekan (Kartarbama), Tarik, pada Sabtu (06/03).

Nur Hidayah, selaku ketua tim KKN-P Balong Macekan mengungkapkan kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. “Dengan bertambahnya jumlah penduduk dan menyempitnya lahan pada saat ini, membuat teknik hidroponik sangat menarik dan bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu penting untuk dikembangkan guna mencukupi kebutuhan sayuran bagi warga setempat,” ungkap Hida.

Putut Yuswantoro, selaku ketua karang taruna Balong Macekan mendukung kegiatan budidaya hidroponik. “Saya dan anggota karang taruna siap membantu Program Kerja mahasiswa KKN-P Umsida guna untuk memperlancar kegiatan tersebut,” ujarnya. Menurutnya budidaya tanaman hidroponik sangat mudah dilakukan, tanpa membutuhkan lahan yang luas sehingga bisa memanfaatkan lahan di sekitar rumah. Media tanam yang digunakan berupa rockwool dan benih sayuran seperti sawi, kangkung, dan selada. Selain itu cukup menggunakan air sebagai pengganti tanah.

Meski budidaya tersebut terlihat mudah, namun penting untuk memperhatikan dalam membudidaya hidroponik seperti cahaya, oksigen, ketersediaan air, serta kebutuhan nutrisi. Sistem hidroponik yang dipakai Nutrient Film Technique) NFT dengan menggunakan talang.

Menggunakan teknik hidroponik ini jauh berbeda dengan menanam langsung ditanah. Hasil panen yang didapat dari teknologi hidroponik jauh lebih bersih dan aman jika dikonsumsi secara langsung. Selain itu tanaman hidroponik sangat ramah lingkungan dengan menghijaukan lingkungan sekitar. Terutama berada masa pandemi perlu mengkonsumsi banyak sayuran agar tubuh kita tetap sehat.

Sukisno, selaku Kepala Desa Balong Macekan menyambut positif kegiatan program kerja budidaya hidroponik. “Saya dengan perangkat desa menyambut baik dan mendukung secara penuh. Semoga kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat,” tuturnya.

Tim KKN-P 51 berharap agar program kerja ini bisa meringankan beban warga yang terdampak Covid–19 saat ini. Dengan kegiatan hidroponik ini dapat diteruskan oleh karang taruna dengan kerja sama BUMDES ( Badan Usaha Milik Desa) yang berada di Desa Balong Macekan.

Ditulis : Anggi puspita Dewi
Editor : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI