KKN-T Students Arrange Online Marketing Strategies for SMEs of Entalsewu Village, Buduran.

[:id]umsida.ac.id – Desa Entalsewu memiliki berbagai jenis potensi yang dapat dikembangkan sebagai usaha ditingkat mikro, kecil maupun menengah. Beberapa diantaranya meliputi usaha pembuatan sepatu berbahan dasar kulit, usaha jamu, penghasil tempe, kerupuk, roti, jajan tradisional dan masih banyak lagi.

Namun ketika persaingan semakin ketat oleh kompetitor, pemilik usaha kurang mampu mengelola dan memasarkan produknya sehingga omset yang diterima  kurang maksimal dan cenderung stagnan. Oleh karena itu, KKNT Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2019 mengadakan sosialisasi bertema “Peningkatan Kualitas Manajemen Melalui Peningkatan Pelayanan dan Pemasaran Produksi Berbasis Online” dan Workshop pembuatan account toko online di marketplace oleh Tri Andika Cahya Putra dari jurusan PTI (Pendidikan Teknologi Informasi) yang juga team KKNT di Balai Desa pada Sabtu (14/9/2019).

Seluruh pelaku usaha, perangkat desa, anggota BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan anggota PKK (Pembina Kesejahteraan Keluarga) Entalsewu turut hadir dalam acara ini. Dosen Umsida, Bapak Ir Al Machfudz WDP MM, pemateri acara ini menjelaskan bahwa tujuan strategi digital marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merk, hingga meningkatkan penjualan.”Ini perlu dilakukan secara bertahap, tidak bisa instan, atau tidak bisa ujug-ujug langsung berharap penjualan meningkat drastis. Tahapan pada strategi pemasaran online itu sendiri meliputi kesadaran merk, cara menarik minat konsumen, mendorong keputusan yang disampaikan melalui diskon penjualan, bonus, serta terakhir cara penjualan” ujar beliau.

Selain itu dipaparkan juga langkah-langkah dalam menyusun strategi pemasaran online diantaranya dengan cara menetapkan tujuan yang jelas. Misal, jumlah pemirsa yang dijangkau, jumlah keterlibatan di website dan sosial media, persentase peningkatan penjualan dan sebagainya.

Setelah itu mentukan alur perilaku yang diharapkan, menentukan saluran digital marketing yang tepat, menyiapkan halaman landas di website sebagai tujuan akhir untuk konversi penjualan, menyiapkan konten iklan yang menarik, menyiapkan konten artikel, membuat halaman di sosial media, fanpage, linkedin showcase, dan sebagainya. Mempublikasikan iklan secara terjadwal, dan melakukan interaksi di sosial media serta saluran komunikasi online yang tersedia.(hurum)[:en]umsida.ac.id – Entalsewu village has various types of potential that can be developed as micro, small and medium level businesses. Some of these include the business of making shoes made from leather, herbal medicine business, producing tempeh, crackers, bread, traditional snacks and much more.

However, when competition is getting tougher by competitors, business owners are less able to manage and market their products so that the turnover received is less than optimal and tends to stagnate. Therefore, the University of Muhammadiyah Sidoarjo 2019 KKNT held a socialization on the theme

“Improving the Quality of Management Through Improving Online-Based Production Marketing and Services” and Workshop on creating an online store account in the marketplace by Tri Andika Cahya Putra from the Department of PTI (Information Technology Education) who is also the KKNT team at the Village Hall on Saturday (9/14/2019) .

All business actors, village officials, BUMDes (Village-Owned Enterprises) members and Entalsewu PKK (Family Welfare Builder) participants attended this event. Umsida lecturer, Mr. Ir Al Machfudz WDP MM, presenters of the event explained that the purpose of digital marketing strategy is to increase brand awareness or increase brand sales. “This needs to be done in stages, cannot be instant, or cannot be directly direct. expect sales to increase dramatically. Stages on the online marketing strategy itself include brand awareness, how to attract consumers, encourage decisions delivered through sales discounts, bonuses, and finally how to sell “he said.

Besides that, it is also explained the steps in developing an online marketing strategy, including by setting clear goals. For example, the number of viewers reached, the number of engagements on the website and social media, the percentage increase in sales and so on.

After that, determine the expected behavior flow, determine the right digital marketing channel, prepare landing pages on the website as the final destination for sales conversions, prepare interesting ad content, prepare article content, create pages on social media, fanpage, linkedin showcase, etc. . Publish advertisements on a scheduled basis, and interact on social media and online communication channels available. (Hurum)[:]

Berita Terkini

SDGs Center Umsida
SDGs Center Umsida Dorong Hilirisasi Riset untuk Pembangunan Berkelanjutan Jawa Timur
November 20, 2025By
Apresiasi sekolah partnership Umsida
Umsida Beri Apresiasi untuk Sekolah Partnership yang Berkontribusi dalam Penerimaan Mahasiswa Baru
November 20, 2025By
kick off penerimaan mahasiswa baru Umsida 4_11zon
Umsida Resmi Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2026/2027
November 19, 2025By
magister ilmu komunikasi Umsida 1
Launching Magister Ilmu Komunikasi Umsida, Pendaftaran Sudah Dibuka!
October 28, 2025By
muhammadiyah
Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa Ramadan 2026 pada 18 Februari
October 23, 2025By
S2 Ilmu Komunikasi Umsida
S2 Ilmu Komunikasi Umsida Sudah Buka, Siap Cetak Pakar New Media
October 13, 2025By
prodi sains data
Umsida Resmi Buka S1 Sains Data, Siap Buka Peluang Data Analyst
October 11, 2025By
pendampingan korban Ponpes Al Khoziny
Keluarga Korban Ponpes Al Khoziny Panik, Bramasgana Umsida Dampingi 4 Hari
October 4, 2025By

Riset & Inovasi

abdimas Umsidaa desa Gendro 5
Petani dan Peternak Desa Gendro Lebih Maju dengan Pendampingan Umsida
November 14, 2025By
posyandu remaja
Umsida dan Umla Gelar Posyandu Remaja, Pasar Gizi, dan Pencatatan Digital Kohort di Balungtawun Lamongan
November 11, 2025By
Science Techno Park Desa Gendro 2
Desa Gendro Jadi Prototipe Science Techno Park Pertanian Inovatif oleh Dosen Umsida
November 10, 2025By
riset dan abdimas umsida
Umsida Raih Penghargaan Atas Kinerja Riset dan Abdimas LLDIKTI Wilayah 7
November 4, 2025By
Program Action FPIP Umsida
Action, Abdimas Gagasan Mahasiswa FPIP Umsida yang Pedulikan Pendidikan Anak Desa
November 1, 2025By

Prestasi

Inovasi Tim Made Umsida
Tim Made Umsida, Satu-Satunya Tim Mahasiswa yang Menerima Penghargaan KISI 2025
December 4, 2025By
aplikasi Koperku 1
Aplikasi Koperku Karya Dosen Umsida dapat Apresiasi di KISI 2025
December 3, 2025By
inovasi ATAP untuk bantu orang tua ABK
Inovasi Dosen Umsida untuk Bantu Orang Tua ABK Mendapat Penghargaan di KISI 2025
December 2, 2025By
inovasi sains skate support
Sains Skate Support, Solusi untuk Performa Atlet Karya Dosen Umsida Raih Juara 1 KISI 2025
December 2, 2025By
inovasi alat pengendali hama padi
Inovasi PLUTO, Alat Pengendali Hama Padi Karya Mahasiswa Umsida Raih Juara 2 LKTTG 2025
December 1, 2025By