Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /var/www/html/wp-content/plugins/og/includes/iworks/class-iworks-opengraph.php on line 331

KKN-T Students Arrange Online Marketing Strategies for SMEs of Entalsewu Village, Buduran.

[:id]umsida.ac.id – Desa Entalsewu memiliki berbagai jenis potensi yang dapat dikembangkan sebagai usaha ditingkat mikro, kecil maupun menengah. Beberapa diantaranya meliputi usaha pembuatan sepatu berbahan dasar kulit, usaha jamu, penghasil tempe, kerupuk, roti, jajan tradisional dan masih banyak lagi.

Namun ketika persaingan semakin ketat oleh kompetitor, pemilik usaha kurang mampu mengelola dan memasarkan produknya sehingga omset yang diterima  kurang maksimal dan cenderung stagnan. Oleh karena itu, KKNT Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2019 mengadakan sosialisasi bertema “Peningkatan Kualitas Manajemen Melalui Peningkatan Pelayanan dan Pemasaran Produksi Berbasis Online” dan Workshop pembuatan account toko online di marketplace oleh Tri Andika Cahya Putra dari jurusan PTI (Pendidikan Teknologi Informasi) yang juga team KKNT di Balai Desa pada Sabtu (14/9/2019).

Seluruh pelaku usaha, perangkat desa, anggota BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan anggota PKK (Pembina Kesejahteraan Keluarga) Entalsewu turut hadir dalam acara ini. Dosen Umsida, Bapak Ir Al Machfudz WDP MM, pemateri acara ini menjelaskan bahwa tujuan strategi digital marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merk, hingga meningkatkan penjualan.”Ini perlu dilakukan secara bertahap, tidak bisa instan, atau tidak bisa ujug-ujug langsung berharap penjualan meningkat drastis. Tahapan pada strategi pemasaran online itu sendiri meliputi kesadaran merk, cara menarik minat konsumen, mendorong keputusan yang disampaikan melalui diskon penjualan, bonus, serta terakhir cara penjualan” ujar beliau.

Selain itu dipaparkan juga langkah-langkah dalam menyusun strategi pemasaran online diantaranya dengan cara menetapkan tujuan yang jelas. Misal, jumlah pemirsa yang dijangkau, jumlah keterlibatan di website dan sosial media, persentase peningkatan penjualan dan sebagainya.

Setelah itu mentukan alur perilaku yang diharapkan, menentukan saluran digital marketing yang tepat, menyiapkan halaman landas di website sebagai tujuan akhir untuk konversi penjualan, menyiapkan konten iklan yang menarik, menyiapkan konten artikel, membuat halaman di sosial media, fanpage, linkedin showcase, dan sebagainya. Mempublikasikan iklan secara terjadwal, dan melakukan interaksi di sosial media serta saluran komunikasi online yang tersedia.(hurum)[:en]umsida.ac.id – Entalsewu village has various types of potential that can be developed as micro, small and medium level businesses. Some of these include the business of making shoes made from leather, herbal medicine business, producing tempeh, crackers, bread, traditional snacks and much more.

However, when competition is getting tougher by competitors, business owners are less able to manage and market their products so that the turnover received is less than optimal and tends to stagnate. Therefore, the University of Muhammadiyah Sidoarjo 2019 KKNT held a socialization on the theme

“Improving the Quality of Management Through Improving Online-Based Production Marketing and Services” and Workshop on creating an online store account in the marketplace by Tri Andika Cahya Putra from the Department of PTI (Information Technology Education) who is also the KKNT team at the Village Hall on Saturday (9/14/2019) .

All business actors, village officials, BUMDes (Village-Owned Enterprises) members and Entalsewu PKK (Family Welfare Builder) participants attended this event. Umsida lecturer, Mr. Ir Al Machfudz WDP MM, presenters of the event explained that the purpose of digital marketing strategy is to increase brand awareness or increase brand sales. “This needs to be done in stages, cannot be instant, or cannot be directly direct. expect sales to increase dramatically. Stages on the online marketing strategy itself include brand awareness, how to attract consumers, encourage decisions delivered through sales discounts, bonuses, and finally how to sell “he said.

Besides that, it is also explained the steps in developing an online marketing strategy, including by setting clear goals. For example, the number of viewers reached, the number of engagements on the website and social media, the percentage increase in sales and so on.

After that, determine the expected behavior flow, determine the right digital marketing channel, prepare landing pages on the website as the final destination for sales conversions, prepare interesting ad content, prepare article content, create pages on social media, fanpage, linkedin showcase, etc. . Publish advertisements on a scheduled basis, and interact on social media and online communication channels available. (Hurum)[:]

Berita Terkini

halal bi halal dan saling memaafkan
Tekankan Pentingnya Silaturahmi dan Memaafkan, Ini Pesan Ketua PDM Sidoarjo di Umsida
April 10, 2025By
pasca Idul Fitri, Umsida gelar Halal bi Halal
Pasca Idul Fitri, Umsida Gelar Halal bi Halal untuk Merajut Ukhuwah, Menguatkan Sinergi, dan Menebar Inspirasi
April 9, 2025By
pendampingan pengelolaan keuangan sekolah
Bantu Wujudkan Pengelolaan Keuangan Sekolah, 3 Dosen Umsida Gelar Pendampingan Ini
April 9, 2025By
mahasiswa tolak RUU TNI
Mahasiswa Umsida Bersama Cipayung Plus Sidoarjo Tolak RUU TNI dan Angkat Isu Lokal
March 26, 2025By
Abdi Ramadan BEM Umsida 1
Gelar Abdi Ramadan di 2 Titik, BEM Umsida Bangun Kepedulian Sosial
March 22, 2025By
Mahasiswa Umsida tanggapi RUU TNI 1
RUU TNI Tuai Kontroversi, BEM dan Korkom IMM Umsida Gelar Konsolidasi dan Diskusi
March 21, 2025By
Umsida dukung internasionalisasi sekolah
Dukung Internasionalisasi Sekolah, Umsida Tandatangani MoU dengan PDM Sidoarjo
March 20, 2025By
Umsida Bersama Mahasiswa Lintas Universitas Gelar Bakti Sosial Ramadan di Desa Kali Alo
Umsida Bersama Mahasiswa Lintas Universitas Gelar Bakti Sosial Ramadan di Desa Kali Alo
March 19, 2025By

Riset & Inovasi

Freon Out, Peltier In! Inovasi Umsida untuk Dunia Otomotif Ramah Lingkungan
Freon Out, Peltier In! Inovasi Umsida untuk Dunia Otomotif Ramah Lingkungan
April 10, 2025By
Jatam Bromo Tengger Semeru 3
Gandeng Jatam Bromo Tengger Semeru, Dosen Umsida Buat Program Pertanian dan Anti Stunting
March 23, 2025By
Inovasi Celengan Digital Umsida, Menabung Jadi Lebih Seru
Inovasi Celengan Digital Umsida, Menabung Jadi Lebih Seru
March 21, 2025By
UMKM Dhe Irma Makin Cerdas Finansial Berkat Pendampingan Umsida
UMKM Dhe Irma Makin Cerdas Finansial Berkat Pendampingan Umsida
January 31, 2025By
abdimas literasi keuangan Islam
Dosen Umsida Edukasi Literasi Keuangan Islam, Putus Kebiasaan Pinjol
January 15, 2025By

Prestasi

juara 3 Pilmapres 2025 2
Jadi Juara 3 Pilmapres PTMA, Mahasiswa Umsida Siap Lanjut ke Tingkat LLDIKTI
March 27, 2025By
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
Al-Qur’an Menuntunku, Anang Ma’rup Menang MHQ Asia Tenggara dan Raih Tiket ke Baitullah
March 25, 2025By
Umsida Bersinar! Cinthya Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
Umsida Bersinar! Cinthya Putri Lorenza Juara 2 Taekwondo Bela Negara Cup
March 20, 2025By
ASEAN Competition di Sabet Mahasiswa Umsida
Prestasi Gemilang! Aprilia Ayu Harumkan Umsida ke Panggung Internasional AEF 2025
March 10, 2025By
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
Scholarship Mastery! Alumni Umsida Sukses Gaet Dua Beasiswa dan Lanjut S3
March 6, 2025By