Warning: Trying to access array offset on value of type bool in /var/www/html/wp-content/plugins/og/includes/iworks/class-iworks-opengraph.php on line 331

KKN-T Students Arrange Online Marketing Strategies for SMEs of Entalsewu Village, Buduran.

[:id]umsida.ac.id – Desa Entalsewu memiliki berbagai jenis potensi yang dapat dikembangkan sebagai usaha ditingkat mikro, kecil maupun menengah. Beberapa diantaranya meliputi usaha pembuatan sepatu berbahan dasar kulit, usaha jamu, penghasil tempe, kerupuk, roti, jajan tradisional dan masih banyak lagi.

Namun ketika persaingan semakin ketat oleh kompetitor, pemilik usaha kurang mampu mengelola dan memasarkan produknya sehingga omset yang diterima  kurang maksimal dan cenderung stagnan. Oleh karena itu, KKNT Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2019 mengadakan sosialisasi bertema “Peningkatan Kualitas Manajemen Melalui Peningkatan Pelayanan dan Pemasaran Produksi Berbasis Online” dan Workshop pembuatan account toko online di marketplace oleh Tri Andika Cahya Putra dari jurusan PTI (Pendidikan Teknologi Informasi) yang juga team KKNT di Balai Desa pada Sabtu (14/9/2019).

Seluruh pelaku usaha, perangkat desa, anggota BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan anggota PKK (Pembina Kesejahteraan Keluarga) Entalsewu turut hadir dalam acara ini. Dosen Umsida, Bapak Ir Al Machfudz WDP MM, pemateri acara ini menjelaskan bahwa tujuan strategi digital marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merk, hingga meningkatkan penjualan.”Ini perlu dilakukan secara bertahap, tidak bisa instan, atau tidak bisa ujug-ujug langsung berharap penjualan meningkat drastis. Tahapan pada strategi pemasaran online itu sendiri meliputi kesadaran merk, cara menarik minat konsumen, mendorong keputusan yang disampaikan melalui diskon penjualan, bonus, serta terakhir cara penjualan” ujar beliau.

Selain itu dipaparkan juga langkah-langkah dalam menyusun strategi pemasaran online diantaranya dengan cara menetapkan tujuan yang jelas. Misal, jumlah pemirsa yang dijangkau, jumlah keterlibatan di website dan sosial media, persentase peningkatan penjualan dan sebagainya.

Setelah itu mentukan alur perilaku yang diharapkan, menentukan saluran digital marketing yang tepat, menyiapkan halaman landas di website sebagai tujuan akhir untuk konversi penjualan, menyiapkan konten iklan yang menarik, menyiapkan konten artikel, membuat halaman di sosial media, fanpage, linkedin showcase, dan sebagainya. Mempublikasikan iklan secara terjadwal, dan melakukan interaksi di sosial media serta saluran komunikasi online yang tersedia.(hurum)[:en]umsida.ac.id – Entalsewu village has various types of potential that can be developed as micro, small and medium level businesses. Some of these include the business of making shoes made from leather, herbal medicine business, producing tempeh, crackers, bread, traditional snacks and much more.

However, when competition is getting tougher by competitors, business owners are less able to manage and market their products so that the turnover received is less than optimal and tends to stagnate. Therefore, the University of Muhammadiyah Sidoarjo 2019 KKNT held a socialization on the theme

“Improving the Quality of Management Through Improving Online-Based Production Marketing and Services” and Workshop on creating an online store account in the marketplace by Tri Andika Cahya Putra from the Department of PTI (Information Technology Education) who is also the KKNT team at the Village Hall on Saturday (9/14/2019) .

All business actors, village officials, BUMDes (Village-Owned Enterprises) members and Entalsewu PKK (Family Welfare Builder) participants attended this event. Umsida lecturer, Mr. Ir Al Machfudz WDP MM, presenters of the event explained that the purpose of digital marketing strategy is to increase brand awareness or increase brand sales. “This needs to be done in stages, cannot be instant, or cannot be directly direct. expect sales to increase dramatically. Stages on the online marketing strategy itself include brand awareness, how to attract consumers, encourage decisions delivered through sales discounts, bonuses, and finally how to sell “he said.

Besides that, it is also explained the steps in developing an online marketing strategy, including by setting clear goals. For example, the number of viewers reached, the number of engagements on the website and social media, the percentage increase in sales and so on.

After that, determine the expected behavior flow, determine the right digital marketing channel, prepare landing pages on the website as the final destination for sales conversions, prepare interesting ad content, prepare article content, create pages on social media, fanpage, linkedin showcase, etc. . Publish advertisements on a scheduled basis, and interact on social media and online communication channels available. (Hurum)[:]

Berita Terkini

Umsida kampus ramah nonmuslim
Jadi Kampus Ramah Latar Belakang Agama, Ini Cerita Malvin dan Keluarga Tentang Umsida
September 3, 2025By
workshop open data Jawa Timur
Open Data Jadi Kunci Analisis Berbasis Bukti dalam Workshop Statistik Sektoral Seri 11
August 25, 2025By
Umsida dan Pemkab Sidoarjo
Pertemuan Umsida dan Pemkab Sidoarjo, Bahas Kolaborasi Strategis dalam Pengembangan Potensi Daerah
August 20, 2025By
Fikes Expertise
FIKES Xpertise, Program Fikes Umsida Edukasi Kesehatan Remaja
August 19, 2025By
BPH Umsida dan BPH Umri
BPH Umsida Sambut Kunjungan BPH Umri, Bahas 3 Topik Ini
August 19, 2025By
Edukasi Kesehatan Reproduksi Fikes Umsida
Fikes Umsida Galakkan Edukasi Kesehatan Reproduksi di SMA An Nur Malang
August 18, 2025By
petugas upacara Umsida di HUT RI ke-80 2
Jadi Petugas Upacara HUT RI ke-80, Mahasiswa Umsida Tunjukkan Semangat Nasionalisme
August 18, 2025By
kesejahteraan Indonesia 1
80 Tahun Indonesia Merdeka dan Kesejahteraan Masih Menjadi Persoalan, Ini Langkah Solutifnya
August 17, 2025By

Riset & Inovasi

inovasi bell kuis
Bell Kuis, Inovasi Tim PKM Umsida Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Muhammadiyah 5 Porong
August 14, 2025By
pendampingan UMKM Opak Samiler-min
Tingkatkan Optimasi Produksi Opak Samiler, Tim Abdimas Umsida beri Bantuan Mesin
August 13, 2025By
SFMS dosen Umsida
Dosen Umsida Kenalkan SFMS di ITBAD Lamongan, Permudah Manajemen File
August 8, 2025By
alat pasteurisasi susu
Alat Pasteurisasi Susu, Inovasi Dosen dan Mahasiswa Umsida Bantu Mudahkan Peternak
July 31, 2025By
riset dan inovasi DRPM Umsida
Umsida Kembangkan Riset dan Inovasi Melalui Seminar, Pameran, dan Diseminasi dengan 3 Kampus
July 16, 2025By

Prestasi

mahasiswa Umsida jadi pesilat terbaik
Mahasiswa Umsida Raih Juara 1 dan Jadi Pesilat Terbaik di Kejuaraan Nasional
September 8, 2025By
mahasiswa PG PAUD juara pencak silat
Atlet Pencak Silat Umsida Raih 2 Juara Sekaligus dalam Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 8, 2025By
kilab 2025
Lolos Kilab 2025, Fikes Umsida Kolaborasi Buat Mannequin Akupresur dengan LED dan Audio Indicator
September 7, 2025By
mahasiswa atlet pencak silat Umsida
Mahasiswa PAI Umsida Juara 2 di Kejuaraan Pencak Silat Kanjuruhan Fighter Competition II 2025
September 6, 2025By
atlet taekwondo Umsida juara piala dpr ri
Atlet Taekwondo Umsida Raih Juara 1 di Ajang Indonesia Expo Battle Piala DPR RI
September 6, 2025By