• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa Prodi THP Umsida Berhasil Raih Juara Inovasi Makanan Sehat dari Daun Kelor

Umsida.ac.id – Mahasiswa Prodi Teknologi Hasil Pangan (THP) Fakultas Saintek Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berhasil meraih juara II Nasional lewat ajang lewat ajang perlombaan “Let’s cook moringa”. Dua mahasiswa prodi THP – Desi dan deni- berkarya lewat pembuatan makanan gizi tinggi. Mereka melakukan inovasi dalam membuat makanan sehat.


Inovasi olahan makanan sehat itu terdiri dari mie dan daun kelor. Daun kelor memiliki banyak manfaat salah satunya adalah memberikan daya tahan tubuh. Kedua mahasiswa ini memiliki alasan berinovasi untuk makanan sehat.“Manfaat daun kelor sangat baik bagi kesehatan tubuh, terutama di masa pandemi seperti ini dimana daya tahan tubuh sangat diperlukan untuk menunjang aktifitas sehari-hari, sedangkan mie adalah makanan favorit masyarakat, jadi kita menggabungkan makanan itu agar masyarakat bisa menikmati makanan sehat.” jelas Desi salah satu anggota tim saat ditemui umsida.ac.id,Kamis (24/12).


Bahan untuk pembuatan mie kelor ini sangat mudah didapatkan seperti daun kelor, tepung terigu, telur,garam, tepung tapioka dan bawang putih. bahannya pun sangat mudah untuk didapatkan seperti daun kelor, tepung terigu, telur, garam, tepung tapioka dan bawang putih saja. ”Oleh karena itu, pembuatan mie kelor ini bisa dilakukan oleh masyarakat sendiri karena bahan-bahan yang mudah di dapat,” imbuhnya. Untuk mendapatkan produk milor yang terbaik, ada aturan dalam pemilihan daun kelor, yaitu daun yang tidak terlalu tua karena dapat menyebabkan rasa yang pahit.

Pada proses pengolahannya pihak Umsida memberikan fasilitas berupa alat-alat penunjang, salah satunya seperti lemari pemanas dengan suhu yang telah di atur karena akan menghasilkan warna yang lebih baik, menjaga kandungan gizi agar tidak hilang, serta mencegah adanya partikel partikel seperti polusi udara yang menempel pada produk.

Deni Windarti, salah satu anggota tim milor D2 mengatakan jika ini adalah makanan yang sehat, “Awalnya penasaranan bagaimana menciptakan inovasi baru dari daun kelor menjadi mie kelor yang sehat untuk di konsumsi,” ujarnya.

Keunggulan dari Melor D2 antara lain dari karakteristik mie, tekstur kekenyalan dan rasa, serta tidak adanya Msg.Harapan yang ingin di sampaikan semoga semakin banyak masyarakat yang dapat menkonsumsi makanan sehat, serta dapat mengolah sendiri dengan bahan bahan yang ada di sekitar kita karena cara pengolahannya juga sangat mudah.

di tulis : Zhahlya Amaldha Sahara

Edit : Etik Siswati Ningrum

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI