• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa Umsida Manfaatkan Sampah Jadi Kerajinan Tangan Desa Tempel

Umsida.ac.id – Mengetahui adanya tumpukan sampah yang mengapung di permukaan sungai, mahasiswa KKN-P (Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan kelompok 39 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berinisiatif memanfaatkan sampah menjadi kerajinan tangan, menciptakan sarana tempat sampah, dan membuat slogan ajakan kebaikan di tepi Sungai Desa Tempel, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, Jumat  (5/3).

Ketua Tim KKN-P Kelompok 39, Syahrul Anggadi Putro menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan mengajak warga dan anak-anak untuk memanfaatkan sampah menjadi suatu kreasi kerajinan tangan. Ide ini digagas agar dapat mengurangi jumlah sampah anorganik yang dapat mengakibatkan banjir dan pemandangan sungai yang tidak indah.

Selain kerajinan tangan, tim KKN-P kelompok 39 juga melakukan revitalisasi tepi sungai dengan memberikan sarana membuang sampah. Sarana tersebut berupa tempat sampah dari bahan bekas yang didaur ulang. Untuk membuatnya, bahan yang diperlukan hanyalah bekas ember cat atau tong kosong. Kemudian, ember cat tersebut dicat sedemikian mungkin, sehingga tampilan tempat sampah menjadi lebih menarik.

Tak hanya itu, tim KKN-P kelompok 39 juga menuliskan 3 slogan  ajakan kebaikan untuk peduli dengan sampah. Masing-masing slogan dituliskan di tepi sungai depan Masjid Baiturrahman Dusun Tempel, di depan Balai Dusun Tempel, dan di depan Balai Desa Tempel. “Dengan adanya slogan-slogan yang dibuat oleh tim KKN-P kelompok 39 ini dapat menginspirasi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” tutur Erna selaku warga Desa Tempel.

Tim KKN-P kelompok 39 berharap agar setelah program KKN ini berakhir, masyarakat lebih termotivasi untuk tidak membuang sampah sembarangan dan turut menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Kegiatan ini juga dapat menjadi pengingat bahwa sungai bukanlah tempat untuk membuang sampah, sebab keberadaan sampah di sungai dapat mengakibatkan pencemaran ekosistem air.

Penulis : Imada Cahyani Elvirawati

Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI