• Alumni
  • Alumni

Prodi Teknik Industri Sampaikan Solusi bisnis di Tengah Pandemi

Umsida.ac.id – Prodi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berikan solusi bisnis di tengah pandemi lewat Podcast #UmsidaMenyapa,Selasa (16/12). Hadir sebagai narasumber adalah Ribangun Bambang Jakaria ST MM dan Tedjo Sukmono ST MT.

Ribangun -panggilan akrabnya- mengatakan jika ada dua solusi untuk mengatasi permasalahan pada pelaku bisnis yang terdampak pandemi covid 19. “Dalam mengatasi masalah ini saya akan menekankan pada dua hal yaitu pelaku usaha harus kreatif dan inovasi. kreatif adalah bagaimana menyikapi sebuah perubahan secara drastis seperti pada kondisi pandemi ini, customer yang tadinya mampu berinteraksi secara langsung kemudian berubah tidak boleh berinteraksi secara langsung, sehingga kemudian pola-pola yang harus ditanamkan oleh pelaku UMKM atau pelaku bisnis baik skala mikro menengah maupun besar adalah dia harus dia harus kreatif.
Kemudian yang kedua adalah inovasi, pandemi menyebabkan interaksi terbataskan maka inovasi teknologi yang harus dilakukan adalah bagaimana teknologi yang kita gunakan itu mampu untuk menjadikan pelaku bisnis menembus celah-celah seperti itu, dan teknologi yang diterapkan juga harus disesuaikan dengan kemampuan atau potensi yang dimiliki pelaku bisnis itu,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa di masa pandemi ini pelaku bisnis harus merubah pola pikirnya, supaya tidak tergantung pada kondisi konvensional. “Dengan kondisi seperti ini tidak memungkinkan bila pelaku UMKM masih menerapkan cara konvensional seperti menawarkan produk face to face, sehingga mereka harus mulai berpikir untuk merubah cara pemasarannya. Mungkin seperti penerapan IT yang kemudian dibantu oleh teknologi berupa web atau berbasis IT lainnya yang secara sederhana memanfaatkan gadget,” pungkasnya. Inovasi adalah salah satu keunggulan dari sebuah perusahaan.

Ditulis : Fitria Trisna Sisiliani

Edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI