komunikasi mahasiswa NTT di Sidoarjo

Banyak Menerima Mahasiswa dari Indonesia Timur, Bagaimana Strategi Komunikasi Mahasiswa NTT di Sidoarjo?

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) juga menerima mahasiswa dari Indonesia bagian timur, salah satunya berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berkuliah di sini.

Dalam penelitian dosen Umsida, Ferry Adhi Dharma MIKom yang berkolaborasi dengan mahasiswanya bernama Sahrul Ali Sandi salah satu mahasiswa NTT yang berkuliah di Umsida, membuat suatu penelitian tentang Strategi Akomodasi Komunikasi Mahasiswa Nusa Tenggara Timur (NTT) di Sidoarjo.

Lihat juga: Proses Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran

Penelitian ini dilatar belakangi karena sebaran perguruan tinggi yang belum merata. Hal ini membuat banyak mahasiswa NTT yang merantau untuk berkuliah di pulau Jawa karena kualitas pendidikan yang dianggap lebih baik. Dalam risetnya, tertulis sebanyak 1.222.313 jiwa mahasiswa asal NTT yang berkuliah di pulau Jawa.

Rentan terjadi konflik mahasiswa NTT dan warga lokal

Dengan adanya mobilitas mahasiswa dari luar Jawa, dapat menimbulkan beberapa permasalahan terutama konflik terkait kegagalan adaptasi komunikasi mahasiswa. Hal ini merupakan salah satu dampak yang disebabkan adanya akulturasi dan asimilasi budaya yang terjadi. Tapi, permasalahan tersebut masih bisa diatasi oleh mahasiswa NTT yang berada di Kabupaten Sidoarjo. Mereka tidak pernah terlibat konflik dengan warga lokal atau sesama mahasiswa di Umsida, apalagi akibat dari kesalahan komunikasi.

komunikasi mahasiswa NTT di Sidoarjo

Bagaimana cara mahasiswa rantau NTT agar konflik tidak terjadi?

Pada penelitian ini, dijelaskan beberapa cara keberhasilan mahasiswa NTT untuk mencegah konflik di Sidoarjo. Mereka memiliki komunitas yang dapat menyatukan seluruh mahasiswa NTT yang ada di Sidoarjo untuk mempermudah komunikasi. Mereka juga menjaga hubungan baik dengan masyarakat lokal dengan cara melakukan akomodasi komunikasi.

Teori akomodasi komunikasi dipilih peneliti untuk menganalisis kasus ini. Akomodasi artinya, bagaimana seseorang mampu menyesuaikan komunikasinya dengan orang lain. Sedangkan komunikasi dalam teori ini, adalah pilihan dalam menentukan perilaku seseorang dengan cara konvergensi, divergensi, dan akomodasi.

Teori tersebut bertujuan untuk menjelaskan proses seseorang yang berkomunikasi agar saling mempengaruhi ketika berinteraksi. Oleh karena itu, menjalin komunikasi dengan orang yang berasal dari berbagai suku, agama, ras, dan kebudayaan merupakan satu hal baru yang harus dipelajari. Karena jika terjadi hambatan komunikasi, bisa mempengaruhi efektivitas dalam berkomunikasi antar manusia sehingga sering menimbulkan konflik sosial.

Ini berjenis kualitatif dengan sumber data didapatkan melalui wawancara. Informannya adalah komunitas mahasiswa NTT yang ada dj Sidoarjo. Setelah itu, didapatkanlah strategi akomodasi komunikasi mahasiswa NTT di Sidoarjo yang terbagi menjadi tiga.

komunikasi mahasiswa NTT di Sidoarjo

Strategi akomodasi komunikasi mahasiswa NTT

Menyesuaikan gaya komunikasi (Konvergensi)

Konvergensi adalah strategi dimana pelaku komunikasi menyesuaikan gaya komunikasinya, seperti jeda, senyuman, pandangan mata, perilaku verbal dan non verbal. Hak ini bertujuan menciptakan keakraban dan hal ini juga diterapkan oleh mahasiswa NTT berada di Sidoarjo.

Lihat Juga :  Milad Ke 111, dari Kontribusi Sampai Tantangan Persyarikatan Muhammadiyah

Mereka menyesuaikan bahasa ketika berbicara dan warga lokal dengan cara membiasakan dialek masyarakat Sidoarjo dan mengatur intonasi. Selain itu, mereka juga telah menyesuaikan senyuman. Setelah itu ada tatapan mata, penyesuaian mengubah tatapan mata yang terkenal melotot menjadi lebih kalem.

Lihat juga: Mengenal E-Comic, Salah Satu Fun Learning untuk Siswa Agar Tidak Bosan

Perilaku verbal juga disesuaikan mahasiswa NTT di Sidoarjo dengan cara penggunaan bahasa nasional. Karena dengan menggunakan bahasa ini adalah cara yang paling sederhana untuk berinteraksi dengan warga lokal lalu. Untuk perilaku nonverbal mereka lakukan dengan menggunakan bahasa tubuh atau gerakan tubuh yang sesuai dengan kebiasaan warga.

Misalnya membungkuk atau menundukkan kepala ketika melewati seseorang atau mengacungkan jempol apabila mereka menyampaikan pendapat. Konvergensi ini merupakan salah satu cara untuk menghargai budaya di Sidoarjo dengan cara meyesuaikan gaya komunikasi.

Menunjukkan kekhususan budaya sendiri (Divergensi)

Divergensi adalah strategi di mana pelaku komunikasi menonjolkan kekhususan dalam ucapan mereka untuk mengekspresikan kebanggaan terhadap budaya mereka sendiri.

Aksen dan dialek merupakan salah satu strategi Divergensi yang diterapkan oleh mahasiswa NTT dalam berinteraksi dengan warga Sidoarjo. Meskipun menurut mereka telah menyesuaikan kosakata dengan bahasa
Indonesia dan menggunakan bahasa Jawa yang agak mudah diingat, tetapi mereka masih memiliki aksen Timur.

Bagi warga Sidoarjo, logat yang berbeda dari NTT terasa unik dan baru bagimasyarakat Sidoarjo. Selain logat, mahasiswa NTT berulang kali mempresentasikan budayanya dan cerita tentang adat istiadat NTT. Diterapkannya strategi divergensi ini dapat menambah wawasan mereka mengenai adat dan budaya di tempat mereka tinggal.

Melakukan akomodasi berlebihan

Terkadang, mahasiswa NTT cenderung melakukan akomodasi berlebihan yang kerap bisa diartikan oleh warga Sidoarjo. Seperti tertawa keras, tatapan mata yang lebar, dan upaya untuk menyusun percakapan. Contohnya saat mahasiswa NTT merespon sesuatu dengan nada tertawa keras dan cara bicara lantang yang merupakan kebiasaan warga NTT, kerap disalah artikan oleh warga Sidoarjo yang terbiasa berkomunikasi dengan nada yang santun dan lembut.

Sehingga mereka menganggap respon warga NTT ini adalah hal yang mengganggu. Tapi dengan diterapkannya akomodadi berlebihan ini bisa membangun interaksi karena dalam model komunikasi, terdapat perhatian dan teguran terkait hal yang harus dan tidak harus diterapkan ketika mereka berada di perantauan.

Lihat juga: Buat Batik Eco Printing Lebih Mudah dengan Mesin Steam Otomatis

Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa NTT yang merantau ke Sidoarjo memiliki tiga strategi akomodasi komunikasi, yaitu konvergensi, divergensi, dan akomodasi berlebihan untuk berinteraksi dan menjalin keakraban dengan warga lokal. Dari ketiga strategi tersebutlah, mahasiswa NTT diharapkan dapat memperkuat hubungan dan mendalami budaya masyarakat Sidoarjo, serta meminimalisir kesalahan komunikasi.

Penulis: Romadhona S.

Berita Terkini

Usung Tema Nusantara, 467 Mahasiswa FBHIS Umsida Resmi Menyongsong Masa Depan
Usung Tema Nusantara, 467 Mahasiswa FBHIS Umsida Resmi Menyongsong Masa Depan
October 16, 2024By
Seremoni Penutupan Abdimas Umsida
Seremoni Penutupan Abdimas Umsida, Gelar Sosialisasi Inovatif
October 15, 2024By
Saung Sinau PPK Ormawa 4
Keberhasilan 5 Program Saung Sinau di Kepetingan, Rektor Umsida Rencanakan Program Berkelanjutan
October 15, 2024By
Yudisium FST Umsida
Yudisium FST Umsida: Melangkah dari Kampus ke Dunia Profesional
October 14, 2024By
PKMU Umsida 2024
PKMU 2024-2025 Dimulai, Tekankan Pentingnya Karakter di Berbagai Lini kehidupan
October 13, 2024By
UKM KWU Umsida
Dies Natalis ke-6 UKM KWU Umsida, Tumbuhkan Semangat dan Kebersamaan
October 12, 2024By
Kehangatan Solidaritas Palestina di Tengah Yudisium 44 FAI Umsida
Kehangatan Solidaritas Palestina di Tengah Yudisium 44 FAI Umsida
October 11, 2024By
Screening atlet fisioterapi Umsida 5
Fisioterapi Umsida Gelar 3 Macam Screening Atlet Inline Skate Sidoarjo
October 8, 2024By

Riset & Inovasi

Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
Interactive Books, Mampu Dorong Komunikasi dan Kolaborasi Siswa
September 16, 2024By
ekonomi sirkular
Dosen Umsida Beri Pelatihan Penerapan Manajemen Usaha Berbasis Ekonomi Sirkular pada Proses Produksi Pangan Halal
September 14, 2024By
Pembelajaran Melalui E-Modul (4)
Umsida Dorong Inovasi Pembelajaran Melalui E-Modul Literasi Berbasis Etnopedagogi
September 11, 2024By
Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal
Inovasi Mesin Perajang dan Pengaduk Sambal Otomatis 3 Dosen Umsida
September 8, 2024By
legalitas BUMDesa
Tim Abdimas Umsida Akan Urus 5 Legalitas BUMDesa di 2 Kabupaten Usai Bantu 2 Desa Ini
August 29, 2024By

Prestasi

pelatih tim basket putri Jatim 2
Mahasiswa Fisioterapi Umsida Dibalik Medali Perak Basket Putri Jatim di PON 2024
October 11, 2024By
atlet PON Umsida
Berlaga di PON XXI Aceh Sumut 2024, Atlet MMA Umsida Bawa Pulang Medali Emas
September 21, 2024By
penelitian dan pengabdian masyarakat
Raih Peringkat 2 Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Ini Rencana Umsida Selanjutnya
September 6, 2024By
PON Aceh Sumut 2024
PON Aceh Sumut 2024, Ini 6 Wajah Atlet Umsida yang Siap Berlaga
September 6, 2024By
Mahasiswa Umsida Raih 8 Kemenangan Lomba Internasional
Sukses di ACST 2024: Mahasiswa Akuntansi Raih 8 Kemenangan dalam Lomba Internasional
July 29, 2024By