• Alumni
  • Alumni

Ciptakan Ketahanan Pangan Lewat Aquaponik BUDIKDAMBER

Umsida.ac.id – Mahasiswa KKN-P kelompok 74 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) lakukan program kerja unggulan membuat Aquaponik (Polikultur ikan dan sayuran) BUDIKDAMBER di Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Senin (1/3).

Pembuatan Aquaponik (BUDIKDAMBER) oleh tim KKN-P kelompok 74 ini sebagai upaya mempertahankan ketahanan pangan dengan melakukan inovasi pertanian, seperti budidaya sayur yang dikombinasikan dengan budidaya perikanan.

Pembuatan Aquaponik BUDIKDAMBER oleh tim KKN-P kelompok 74 merupakan inspirasi pertanian dengan sistem kombinsi pangan dan perikanan yang sedang populer di masyarakat. Selain perawatan yang mudah dan teknis bercocok tanam, budidaya ikan bisa dilakukan sekaligus dalam satu waktu dengan media air.

Imelda Hayani selaku Ketua TP PKK Desa Kejapanan mengatakan bahwa pengerjaan Aquaponik ini sudah dilakukan bersama kelompok tani di desa tersebut. “Saya mengerjakan Aquaponik  bersama kelompok tani dan sudah merintis BUDIKDAMBER yang saat ini dibantu oleh KKN-P Kelompok-74 Umsida. Sistem ini saya buat di Desa kejapanan, sekaligus mengisi waktu aktivitas luang,” ungkapnya.

Sistem kerja dari BUDIKDAMBER adalah membudidayakan ikan dan sayuran “Pakcoy” dalam satu ember yang merupakan sistem Aquaponik. Namun yang membedakan adalah BUDIKDAMBER tidak serumit Aquaponik. Aquaponik sendiri membutuhkan pompa dan filter, serta ketersediaan listrik dan lahan yang luas sehingga biaya yang dikeluarkan semakin mahal. BUDIKDAMBER justru memiliki keunggulan seperti hemat air, zero waste, perawatan yang mudah, dan tanpa bahan kimia.

Akan tetapi, tim KKN-P kelompok 74 berharap agar melalui kegiatan ini, mahasiswa Umsida dapat memberikan dan membagikan ilmu yang dimiliki, khususnya ilmu bidang teknologi pangan pada masyarakat. Sehingga, di tengah situasi sesulit pandemi, masyarakat tetap bisa produktif dan dapat memenuhi kebutuhan pangannya.

Penulis : Safitri Khoirinindyah

Editor : Shinta Amalia Ferdaus

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI