Diterima di Bank BTN Syariah Bahkan Raih Gelar Wisudawan Terbaik, Simak Kisahnya

Umsida.ac.id– Sukses jadi Assisten Consumer Funding Sales di Bank BTN Syariah Surabaya bahkan sebelum diwisuda, Kharisma Catur Aulia juga raih gelar wisudawan terbaik dengan IPK 3,89 pada wisuda ke 42 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yang diselenggarakan di auditorium KH Ahmad Dahlan Kampus 1, Sabtu (18/11/2023).

Kisah Awal Pekuliahan

Meski masuk dalam dunia perkuliahan terlambat dibandingkan teman-teman angkatannya, tidak mematahkan semangat Risma dalam belajar. Setelah lulus dari SMA, Ia memutuskan untuk bekerja untuk mendapatkan gaji dan memperbaiki kondisi keuangannya saat itu. Tentu setelah memutuskan bekerja akan sangat sulit bagi siapapun untuk kembali memperkuat niat berkuliah.

“Pada saat pendaftaran Mahasiswa baru tahun 2019 dibuka, jujur niat saya untuk berkuliah sedikit menurun karena rasa nyaman yang saya rasakan di tempat kerja saya. Singkat cerita saya disemangati untuk mendaftar kuliah oleh mama saya, karena beliau paham jika sebenarnya saya sangat ingin untuk berkuliah,” paparnya.

Baca juga: Wisudawan Saat Ini Berada di Era Perubahan yang Dasyat, Kata Prof Bambang

Risma memilih program studi manajemen saat berkuliah di Umsida, Ia bercerita bagaimana melewati masa awal perkuliahan. Ditambah lagi angkatan 2019 ini telah melewati salah satu pandemi besar, covid 19.

“Semester 1 dimulai saya berada dikelas malam Manajemen B3 awal-awal menjadi maba rasanya sangat menyenangkan karena akhirnya bisa merasakan apa yang teman-teman sma pada tahun lalu. Tibalah di semester 2 pada saat minggu ke-2 kita semua mendapatkan kabar kurang baik dari dunia, virus covid 19 sudah menyebar seluruh bagian dunia tida terkecuali Indonesia dan Lingkungan Kampus Umsida. Semua hal berubah dengan cepat kegiatan perkuliahan harus cepat beradaptasi dengan kondisi yang ada. Pada kondisi saat itu mahasiswa juga dituntut agar dapat belajar mandiri lebih,” ungkapnya.

Jalani Program Magang PMMB BUMN dan Magang Internal di Bank BTN

Diterima di Bank BTN Syariah Bahkan Raih Gelar Wisudawan Terbaik, Simak Kisahnya

Wisudawan yang meraih gelar sarjana manajemen ini merasa melalui perkuliahan semester 3 ini terasa sulit, namun perlahan terlewati dengan baik.  Agustus 2022 setelah menjalankan ujian magang internal, Risma mendapatkan kabar gembira bahwasanya Ia telah lolos Program Magang PMMB BUMN Batch 2 tahun 2022 dan ditempatkan di Bank BTN Syariah Surabaya.

“Menjalankan program magang selamat 6 bulan dengan dibarengi mengerjakan tugas akhir magang dan proposal tugas akhir S1 rasanya sangat melelahkan, karena perjalanan magang pulang pergi Sidoarjo ke Surabaya lalu pulangnya harus ke perpustakaan kampus 1 untuk mengerjakan proposal,” ujarnya.

Selanjutnya, Risma telah menyelesaikan program magang pada Februari 2023. Saat itupun, sambungnya “saya juga sudah melaksanakan ujian seminar proposal dan dinyatakan lolos untuk menjalankan penelitian.

Putri bungsu dari pasangan Sugeng Prayitno dan Machnuna ini menjalani kesibukan yang luar biasa. Kendati demikian Risma tetap konsisten dan mendapatkan hasil terbaik dari setiap hal yang dikerjakannya. Bahkan buah dari sikap konsistennya ini, Risma mendapat tawaran untuk magang secara internal di bank BTN Syariah Surabaya.

Mendapat Tawaran Bekerja di Bank BTN Syariah Surabaya

Diterima di Bank BTN Syariah Bahkan Raih Gelar Wisudawan Terbaik, Simak Kisahnya

“Belum 1 bulan program magang usai saya dikabari oleh Human Capital Bank BTN Syariah Surabaya bahwasanya ada program magang internal yang dibuka dan menawarkan program tersebut kepada saya. Saya menerima tawaran tersebut karena itu adalah kesempatan agar saya dapat belajar, bekerja, dan mendapatkan pengalaman tambahan,” ungkapnya.

Selama 3 bulan Risma melaksanakan magang internal dan telah menyelesaikan semua tugas dengan baik. Selanjutnya Ia kembali mengerjakan teks tugas akhir yang sedikit kesulitan Ia kerjakan saat program magang internal berlangsung. Selasa 22 Agustus Risma melaksanakan hari ujian artikel dan, Ia sangat bersyukur tugas akhirnya disetujui untuk lanjut ke sidang oleh dosen pembimbingnya.

Baca juga: Hari Ini Ulang Tahun, Besoknya Jadi Wisudawan Berprestasi

Kabar bahagia bagi untuk Risma tidak berakhir sampai disitu saja. Ia kembali dihubungi oleh Human Capital dan Juga Branch Manager Bank BTN Syariah Surabaya untuk mendapatkan tawaran menjadi Admin Consumer Funding dan Assisten pribadi oleh BM KCS Surabaya.

Alhasil hingga saat ini Risma telah berhasil menjadi Assisten Consumer Funding Sales di Bank BTN Syariah Surabaya bahkan sebelum Ia resmi diwisuda dari Umsida. Sebuah pencapaian yang luar biasa dia dapatkan atas hasil jerih payahnya selama di bangku perkuliahan.

Kesan dan Pesan

Wanita kelahiran Sidoarjo, 12 Juli 2000 ini telah memberikan pesan dan kesan kepada pembaca Umsida.ac.id.

“Penghargaan sebagai wisudawan terbaik ini tidaklah berarti apa-apa bagi jika saya tidak dapat memberikan sesuatu yang berarti bagi masyarakat. Mungkin diluar sana masih ada yang lebih baik dan pantas dibandingkan diri saya pribadi untuk mendapatkan penghargaan ini, hanya saja kali ini saya yang beruntung dan dinobatkan untuk hari ini,” ungkapnya.

Sambungnya, “Saya berkeyakinan bahwa rekan-rekan sekalian juga berpikiran sama seperti yang saya sampaikan tadi. Saya berdoa kesuksesan akan menanti kita di masa mendatang dan tentu saja harapan saya adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan apa yang kita miliki untuk kepentingan masyarakat luas,”tandas Risma, mengakhiri cerita perjalanan kesuksesannya.

Penulis: Rani Syahda Hanifa

Berita Terkini

PTI Umsida Berikan Peluang Kerja Lebih Luas
PTI Umsida Berikan Peluang Kerja Lebih Luas
June 16, 2024By
yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By
juara kompetisi ICEMSS
Mahasiswa Umsida Bawa Pulang 11 Prestasi dari Bandung
June 14, 2024By
ICEMSS Manajemen Umsida
Gandeng 5 Negara, Prodi Manajemen Umsida Gelar ICEMSS di UPI
June 14, 2024By
halal center umsida
Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai
June 13, 2024By
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
June 13, 2024By
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
June 12, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By