• Alumni
  • Alumni

Gigih Mengikuti Kompetensi Sains Indonesia, Mahasiswa Informatika Raih Medali Emas

Umsida.ac.id – Mokhamad Diki Armanda Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Program Studi (Prodi) Informatika kembali meraih medali emas pada Kompetisi Sains Indonesia (KSI) tingkat Mahasiswa bertaraf Nasional yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI), Minggu (14/02).

Mahasiswa yang hobby merakit gundam ini mengaku bukan kali pertama memperoleh medali emas pada KSI. Prestasi pertama, berhasil diraih pada tahun 2020 di hari selasa (22/12/2020). Sementara, prestasi kedua kembali diraih pada tahun sekarang (2021) yang diikuti oleh 727 seluruh Mahasiswa Se- Indonesia.

Menariknya, Diki tidak melakukan persiapan yang panjang. Dirinya hanya melakukan persiapan lomba pada H-5 sebelum lomba tersebut, “Semula saya melihat di instagram POSI yang mengadakan lomba lagi KSI tapi untuk SD, SMP, dan SMA. Lalu saya mencoba bertanya kepada adminnya mengenai lomba KSI untuk mahasiswa dan akhirnya diberi link pendaftaran. Setelah mendaftar, bukannya saya melakukan persiapan. Tapi, saya malah lupa kalau sudah mendaftar kompetisi tersebut. Baru ingat pada pertengahan Februari. Jadi saya melakukan persiapan di H-5 lomba tersebut,” ujar Diki.

Dalam kompetesi ini, Diki menjelaskan bahwa durasi tes hanya 120 menit dengan 30 soal yang memiliki cara penskoran yakni 4 (Benar), -1 (Salah), 0 (Kosong/ tidak mengisi jawaban). Diki mengatakan untuk mengerjakan soal tersebut yang paling penting adalah teliti, “Banyak sekali soal-soal yang menjebak mengarahkan seolah-olah A padahal jawaban yang benar B. Jadi harus dibaca soal dan jawabannya satu persatu-satu,” kata Diki.

Selain itu ada lagi cara mengerjakan soal dilakukan oleh Diki yaitu mengerjakan yang lebih mudah dulu, “Kalau saya kemarin soal yang saya anggap susah dan butuh waktu lama. Saya skip dulu sampai soal nomor 30. Baru kembali ke soal-soal yang belum terjawab setelah selesai mengerjakan yang mudah,” tambah Diki.

Dari prestasinya tersebut, Diki merasa bangga atas prestasinya. Selain itu, Diki berharap dengan apreasi dari Umsida bisa memotivasi untuk terus berprestasi dan semoga bisa menginspirasi mahasiswa lainnya untuk aktif mengikuti berbagai perlombaan baik akademik maupun non akademik.

Penulis : Asita Salsabilla Maharani

Edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI