Hybrid Learning di Umsida Untuk Sistem Pelayanan Keuangan, Akademik, dan Sistem Informasi Kampus

Umsida.ac.id – Pelaksanaan Forum Ta’aruf Mahasiswa (FORTAMA) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo pada hari ke-2 dilaksanakan secara daring, setelah sebelumnya pada hari pertama dilaksanakan secara luring yang dihadiri oleh sekitar 500 mahasiswa. Pada fortama hari kedua ini Sistem Pelayanan Keuangan, Akademik, dan Sistem Informasi Umsida turut memberikan berbagai macam informasi terkait pelayanan keuangan dan akademik kampus.


“Mahasiswa Umsida nantinya akan sering berhubungan dengan Direktorat Akademik, sistem layanan akademik dilakukan sejak awal mahasiswa masuk, sampai mahasiswa lulus. Layanan ini meliputi layanan akademik awal dimulai dari kartu rencana studi (KRS), herregistrasi, presensi online hingga ujian tengan semester (UTS) dan akhir semester (UAS). Semuanya ini telah ada dalam sistem yang bisa diakses oleh seluruh mahasiswa pada sistem informasi mahasiswa (SIM) melalui sim.umsida.ac.id,” tutur Evi Rinata, S ST, M Keb, Direktur Direktorat Akademik, Jumat (24/09).


Ia menjelaskan ada beberapa istilah pada sim mahasiswa yang mungkin para mahasiswa baru belum mengetahuinya, diantaranya indeks prestasi kumulatif (IPK), satuan kredit semester (SKS), kartu rencana studi (KRS), kartu hasil studi (KHS), herregistrasi (daftar ulang), kartu tanda mahasiswa (KTM), dan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI).


Setiap mahasiswa wajib untuk melakukan herregistrasi dan melakukan krs secara online pada awal semester. Adapun bagi mahasiswa baru krs akan terambil secara otomatis yang dibayarkan bersamaan dengan herregistrasi awal. “Jika mahasiswa tidak melakukan herregistrasi maka akan terdaftar sebagai mahasiswa non aktif. Apabila tidak herregistrasi lebih dari 4 semester maka akan dianggap mengundurkan diri,” katanya.


Selain itu, mahasiswa memiliki hak untuk mengambil cuti, dengan melaporkan terlebih dahulu pada Direktorat Akademik, hal ini untuk menghindari status non aktif. “Kami tentunya tidak tau alasan mahasiswa tidak melakukan herregistrasi, untuk itu alangkah baiknya jika mahasiswa mengambil cuti, sehingga ia tidak tercatat sebagai mahasiswa non aktif. Namun hanya semester 2-6 saja yang dapat melakukan cuti, adapun semester 7 ke atas tidak diizinkan kecuali ada tugas Negara atau alasan lainnya yang dapat diterima oleh pihak Umsida,” jelasnya.


Sistem perkuliahan pada semester ganjil tahun 2021/2022 kali ini akan dilaksanakan secara hybrid learning dan full daring, yaitu melalui learning management system (LMS) yang dapat diakses di https://elearning.umsida.ac.id/. Nantinya mahasiswa akan masuk dengan menggunakan enrollment code yang akan dibagikan oleh dosen pengampu mata kuliah masing-masing. Adapun untuk ujian tengah semester (UTS) dan akhir semester akan dilakukan secara daring melalui LMS e-learning pula.


Turut menyampaikan pula Direktur Keuangan Umsida bu Imelda Dian tentang sistem keuangan yang ada di kampus. “Semua sistem layanan keuangan mahasiswa dilakukan secara online, termasuk herregistrasi Pembayaran akan dilakukan melalui virtual account (VA) mahasiswa masing-masing. Pihak kampus tidak pernah melakukan pembayaran melalui nomor wa tertentu, jika kalian menemuinya maka itu adalah penipuan,” tuturnya dalam fortama daring.


Ditulis: Rina Aditia DA

Berita Terkini

kuliah tamu UTAR
2 Dosen Umsida Jadi Pembicara pada Kuliah Tamu di UTAR Malaysia
April 19, 2024By
Muliakanlah tetanggamu
Memuliakan Tetangga Dapat Meningkatkan Keimanan Kita?
April 18, 2024By
belajar Kemuhammadiyahan
Walau Heterogen, Semua Orang Perlu Tahu Pentingnya Belajar dan Bersyukur
April 17, 2024By
maaf dan syukur
Makna Halalbihalal, Rasa Saling Memaafkan, dan Bersyukur
April 17, 2024By
halalbihalal Umsida 2024
Halalbihalal Umsida dan Syukuran Akreditasi Institusi Unggul
April 16, 2024By
belajar
Belajar Saja Tidak Cukup Raih Kesuksesan, Kamu Perlu Tau Ini!
April 14, 2024By
seni
Haramkah Seni Dalam Perspektif Islam?
April 12, 2024By
khotbah pentingnya kejujuran
Pentingnya Kejujuran Disampaikan Rektor Umsida Dalam Khotbah
April 11, 2024By

Riset & Inovasi

stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By
media belajar tangram
Tangram, Cara Seru Siswa Belajar Geometri, Simak 5 Manfaat dan Cara Membuatnya
March 27, 2024By
kecenderungan media sosial
Pengguna Aktif Media Sosial Cenderung Kesepian, Kata Riset
March 26, 2024By
bullying pada siswa SD
Riset Dosen Umsida Jelaskan 8 Peran Sekolah untuk Mengatasi Bullying
March 25, 2024By

Prestasi

Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By
Silat Apik PTMA 2024
Mahasiswa Ikom Umsida Sabet 3 Kejuaraan di Silat Apik PTMA 2024
March 5, 2024By
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
Video Menyuarakan Perjuangan Palestina Karya Mahasiswa Umsida ini Bawanya Raih Juara Nasional
January 19, 2024By
Meja Komposit, Inovasi yang Membuat Umsida Raih Juara Harapan 2 di KISI 2023
December 26, 2023By