Inilah Cara Tim KKN-T Desa Semambung Hilangkan Rasa Jenuh Dalam Kegiatan Belajar

Penulis : umsidaj4y4 September 10, 2019 / Berita

umsida.ac.id – Demi mengembangkan proses belajar pada siswa – siswi diluar jam sekolah, kelompok KKN-T 46 memberi bimbingan belajar untuk siswa – siswi sekolah dasar. Sebelum proses bimbingan belajar, mahasiswa KKN-T Desa Semambung Kecamatan Jabon mengunjungi beberapa SD dan MI untuk melakukan promosi kegiatan bimbingan belajar di balai desa setiap hari sabtu.

Dalam proses pembelajaran mereka tidak hanya fokus dengan kegiatan belajar saja, tetapi juga diadakan sesi bermain setelah belajar. Kegiatan belajar tersebut diikuti oleh siswa – siswi SDN Semambung dan MI Nurul Islam (Kelas 1-6) setiap hari sabtu pukul 18.00 – selesai.

Salah satu mahasiswa KKN-T, Bagas Prasetyo menuturkan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengembangan dunia pendidikan di Desa Semambung Kecamatan Jabon.
“Menjadi bagian dari dunia pendidikan itu merupakan hal yang sangat luar biasa bagi saya. Walaupun belum terjun langsung dalam proses pembelajaran disekolah, setidaknya dari program kami bimbingan belajar yang dilaksanakan di Balai Desa Semambung kami bisa mengetahui perkembangan dunia pendidikan di Indonesia saat ini,”ujar Bagas. (10/9/2019)

Hal tersebut disambut positif oleh Guru setempat. Menurutnya, dalam memberikan pembelajaran, mahasiswa KKN punya cara tersendiri untuk membantu anak – anak dalam belajar, sehingga mereka tidak mudah jenuh saat mengerjakan tugas dari sekolah.
“Anak – anak itu sangat senang apabila di desa kedatangan mahasiswa yang sedang melakukan KKN disini termasuk dari KKN-T dari UMSIDA. Mungkin karena anak – anak sudah bosen setiap hari ketemu bapak ibu gurunya. Setiap anak KKN datang kesekolah mereka selalu bersemangat,” ujar Widya ibu guru SDN Semambung.

Salah satu siswa yang mengikuti kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa dirinya senang dengan adanya kegiatan tersebut.
“saya senang diajarin sama kakak – kakaknya, mereka baik, pintar, dan suka ngajak bermain. Saya sering dikasih hadiah kalau bisa jawab pertanyaannya.” pungkas siswa kelas 3 SD tersebut. (jane/rizky)

Related Post