• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa umsida Sosialisasikan Produk Daun Kelor Sebagai Bahan Dasar Kue Kering Desa Gebang

Umsida.ac.id – Berbicara mengenai daun kelor tentunya merupakan salah satu tanaman yang tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Tanaman ini dapat ditemui di dekat pemukiman warga utamanya di wilayah Kelurahan Gebang. Hal tersebut bukan tanpa alasan dikarenakan penanaman tumbuhan kelor yang sangat mudah dan tidak begitu intensif melakukan perawatan secara khusus seperti tanaman lainnya.

Jika biasanya pemanfaatan daun kelor masih terbatas penggunaannya, hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat dalam melakukan pemanfaatan daun kelor. Mahasiswa kelompok 2 KKN Pencerahan Desa Gebang melaksanakan program kerja di Balai Kelurahan Gebang, Rabu (10/3).

Acara itu dimulai pukul 9 pagi dengan mencoba menjadikan daun kelor sebagai bahan dasar kue kering. Mereka ingin membuat kue yang sehat dengan gizi yang baik utamanya dengan menggunakan daun pada kelor karena mengandung antioksidan paling tinggi dibanding bagian lainnya. Kelompok ini memanfaatkan daun kelor sebagai bahan kue yang mudah dibuat dan bisa menarik ibu-ibu Kelurahan Gebang untuk dapat mencoba memanfaatkan daun kelor tersebut.

Hal ini menjadi momen yang paling tepat karena mendekati bulan ramadhan yang nantinya ditutup idul fitri, sehingga warga dapat menjadikan hal tersebut ide yang inovatif untuk menyajikan kue lebaran yang berbeda dari biasanya. Terbukti dengan kedatangan ibu-ibu Kelurahan Gebang yang sangat antusias dan bersemangat dalam menyaksikan para mahasiswa ketika menjelaskan langkah demi langkah pembuatan kue tersebut sehingga memiliki tekstur, warna dan rasa yang berbeda bahkan dengan badget yang murah.

Mahasiswa KKN-P kelompok 2 Kelurahan Gebang turut senang atas semangat para ibu-ibu yang datang menyaksikan proses pembuatan. Mahasiswa juga menyediakan materi terkait langkanya pemanfaatan daun kelor yang dapat bernilai ekonomis. “Terimakasih kepada para ibu-ibu semuanya yang sudah berkenan hadir dan banyak memberikan masukkan pada inovasi produk yang kami buat,” tutup Teguh Iswanto, salah satu mahasiswa kelompok 2 dalam penghujung acara sosialisasi tersebut.

“Untuk kegiatan program kerja tentunya bisa di kembangkan oleh warga sekitar agar tidak terbengkalai begitu saja seusai kalian kegiatan KKN ini” tutur Ibu Budi selaku Ketua Pokja III kelurahan Gebang.

Penulis : Ilga Dewi Darmayanti

Editor : Ping Darojat Gumilang

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI