Umsida Tuan Rumah Visitasi PPK Ormawa Tahun 2022

Umsida Tuan Rumah Visitasi PPK Ormawa Tahun 2022

Umsida.ac.id– Visitasi lapangan kali ini mengenai Program Penguatan Kapasitas (PPK) organisasi kemahasiswaan (Ormawa) yang merupakan serangkaian proses pembinaan ormawa oleh PT yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Dengan tujuan kesejahteraan masyarakat sekaligus memilih pengabdian terbaik dan layak mendapat penghargaan abdidaya 2022 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi mengadakan kegiatan visitasi lapangan disetiap region universitas. Umsida menjadi salah satu tuan rumah dan menampung kegiatan penilaian atas 4 universitas yakni Universitas Negeri Surabaya, Universitas 17 agustus 1945, Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo dan tim dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sendiri.

Umsida Tuan Rumah Visitasi PPK Ormawa Tahun 2022

Dr Didik Haryanto Ssos Msi membuka kegiatan dengan berharap kegiatan ini berjalan dengan lancar dan membuahkan hasil yang diinginkan oleh seluruh peserta.

“Acara monev ini diadakan 3 hari selasa, rabu, kamis, saya selaku direktur direktorat penerimaan mahasiswa baru, kemahasiswaan dan alumni umsida berterima kasih atas kehadiran bapak ibu. Semoga acara kita berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang kita harapkan,” Ujar Direktur DPMBKA dalam sambutan pembukanya.

Selain itu Ir M Yamnefri Bakhtiar Msi sebagai reviewer juga menjelaskan secara singkat dalam seremoni pembukaan visitasi lapangan PPK Ormawa ini.

“Selamat kepada adik” yang berkesempatan untuk mengikuti kegiatan ini kami berharap banyak peningkatan kualitas program dengan penguatan program sejenis sebelumnya, saat ini ada 3 poin penting untuk menuju Indonesia menjadi abdidaya dan merujuk pada tujuan kegiatan ini berlangsung, pertama penguatan kapasitas organisasi kemahasiswaan yang utama dari poin ini adalah bagaimana program ini berlanjut dari planning, practice dan mampu berkelanjutan atau continue sampe generasi selanjutnya, kedua bagaimana pergerakan mahasiswa, dan yang terakhir desa, masyarakat harus bisa merasakan kehadiran kita di desa,” ungkap Ir Yamnefri dalam sambutannya.

Ia juga menyampaiakan bahwa banyak sekali pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh tiap pendidikan tinggi di Indonesia tapi hanya berbasis laporan dan jarang ada yang berlanjut.

“Mari kita cek bersama berapa penelitian yang kita punya? banyak sekali ya. Tapi kapan dan apakah masyarakat sudah bisa merasakan hasil penelitian kita?”.

“Harapan saya adalah mahasiswa ormawa ini mampu menumbuhkan cahaya cahaya di desa itu oleh kehadiran mereka, konsep ppk ini berbeda dgn konsep lainnya mahasiswa datang ke desa memberikan inovasi dan wajib di estafetkan ke generasi selanjutnya,” harapan reviewer tersebut.[xyz-ips snippet=”code”]

Agar menjadi hasil yang luar biasa dan mampu memberikan kenangan terhadap masyarakat desa Ir Yamnefri menegaskan

“Agar ormawa punya ciri khas , tidak perlu banyak, 1 saja cukup asal punya ciri khas dan yang paling penting berdampak besar, saat ini sudah banyak teman- teman kita dengan program mereka tidak lagi bergulir ke internal saja, tapi sudah ditawarkan oleh desa, dianggarkan untuk ditindak lanjuti,”imbuhnya.

Setelah program ini berjalan mahasiswa juga bisa memanfaatkan hasil pengabdian mereka menjadi laporan  praktikum, artikel, jurnal dan lain lain untuk menunjang akademis mereka.

Syahrul ardiansyah SSi MSi kepala bidang kemahasiswaan menjelaskan mengenai keikutsertaan ormawa Umsida dalam kompetisi ini.

“Kompetisi dikti Ppk ormawa ini berupa pengabdian ormawa se indonesia dari sekian proposal yang terkumpul ada yang lolos dan memperoleh pendanaan kita dapat 2 Hima prodi informatika dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Mahasiswa Pecinta Alam Sidoarjo (Himmpas). Namun hingga proses selaksi ini hanya UKM Himmpas yang lolos dengan mengusung tema desa hutan dengankonsep eco wisata,” Jelasnya saat wawancara bersama kami.

(Rani Syahda Hanifa)

*Humas Umsida

Berita Terkini

yudisium FST 2024
Yudisium FST 2024, Angkatan Pertama yang Berpedikat Institusi Unggul
June 15, 2024By
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
Rektor Umsida, Rumus Fisika Ini Kunci Kesuksesan
June 15, 2024By
juara kompetisi ICEMSS
Mahasiswa Umsida Bawa Pulang 11 Prestasi dari Bandung
June 14, 2024By
ICEMSS Manajemen Umsida
Gandeng 5 Negara, Prodi Manajemen Umsida Gelar ICEMSS di UPI
June 14, 2024By
halal center umsida
Halal Center Umsida Kembali Dipercaya PT CAS untuk Sertifikasi Halal Resto dan Gerai
June 13, 2024By
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
Raih Juara, Mahasiswa Ini Ingin Harumkan Nama Umsida
June 13, 2024By
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
Kenakalan Remaja Kembali Trending, PIK M Umsida Beraksi
June 12, 2024By
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
Raih Juara 1, Content Creator Umsida Ini Akan Terus Berkarya
June 11, 2024By

Riset & Inovasi

prostitusi online
Prostitusi Online, Apa Karena Budaya Barat? Ini Kata Studi
May 26, 2024By
Shopee paylater
Paylater, Perangkap atau Peluang? Ini Kata Studi
May 17, 2024By
pendidikan ramah anak
8 Standar Pendidikan Ramah Anak, Yuk Simak Agar Anak Belajar dengan Nyaman
May 4, 2024By
stres pada single mother
Riset Umsida: Single Mother Kerap Alami 3 Jenis Stres Ini
March 30, 2024By
komunikasi verbal dan nonverbal
8 Alasan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Perlu Diterapkan Kepada Siswa
March 29, 2024By

Prestasi

PPK Ormawa Umsida
15 Mahasiswa PPK Ormawa Umsida Buat Saung Sinau di Desa Pelosok Sidoarjo
June 2, 2024By
Milad PWMU.CO
Raih Juara 3 AUM dengan Berita Terbanyak, Umsida Semakin Giat Menulis
May 19, 2024By
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
Berikan Presentasi Terbaiknya, Dwiky Mahasiswa Umsida Ini Raih Juara Tingkat Internasional
May 17, 2024By
Paku Bumi Open 2024
20 Mahasiswa Umsida Raih 11 Emas dan 11 Perak di Paku Bumi Open XII 2024
March 7, 2024By
atlet hapkido Umsida
Mahasiswa Umsida Toreh Prestasi Hapkido, Langsung 2 Juara sekaligus
March 6, 2024By