• Alumni
  • Alumni

Mahasiswa Teknik Elektro Ciptakan Karya Inovatif Berbasis IOT Untuk Layanan Ekspedisi

Umsida.ac.id – Dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Fakultas Saintek Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menciptakan karya inovatif berupa kotak paket pintar berbasis IOT (Internet of things), Rabu (11/11). Tim mahasiswa yang diberi nama Ai go ini beranggotakan Shinta Carolin Stevi Y dan Mochammad syeh maulana. Dibawah bimbingan dosen Teknik Mesin, Indah Sulistiyowati ST MT, mereka mengikuti kompetisi mahasiswa muhammadiyah dan program kreativitas muhammadiyah 2020 dari Asosisasi Sains dan Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Shinta salah satu anggota Ai go mengatakan, ide tersebut bermula dari banyaknya paket kiriman yang kembali ke kurir dikarenakan tidak ada respon dari penerima paket dengan alasan salah alamat ataupun pemilik paket sedang tidak ada di rumah. “Hal inilah yang menginisiasi kami untuk menciptakan alat ini,” ujar saat dihubungi jurnalis web umsida, Selasa (10/11).

“Keunggulan alat ini dapat di monitor jarak jauh dengan menggunakan aplikasi telegram, dan dapat menerima paket ketika pemilik paket sedang tidak dirumah ,” kata dia. Selain itu, alat yang mereka kembangkan telah dibekali oleh Internet of Things (IoT) yang terhubung dengan gawai atau ponsel cerdas milik kurir dan penerima paket. Dengan teknologi tersebut, diharapkan petugas kurir akan terbantu. Sebab, sistem ini memudahkan petugas kurir untuk dalam mengetahui paket sudah di terima oleh pemilik paket atau belum.

*Etik siswati Ningrum

Leave a Reply