• Alumni
  • Alumni

Ajak Masyarakat Belajar Bahasa Arab, Mahasiswa PBA Raih Juara 2 Vlog

Umsida.ac.id – “Saya bersyukur dengan prestasi saya, ini sebagai motivasi diri untuk lebih giat lagi dalam belajar,” tutur Fariz Sayyidan, mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) kepada umsida.ac.id, Selasa (06/7).

Ia merupakan peraih juara 2 dalam kompetisi vlog mahasiswa tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima)  PBA Umsida pada  27 Juni – 4 Juli 2021. Mahasiswa yang fasih dalam berbicara Bahasa Arab ini kembali ukir prestasi setelah sebelumnya ia juga memenangkan perlombaan yang sejenis sebagai juara 1 di tingkat nasional.

Fariz mengatakan bahwa proses pembuatan video kali ini dilakukan selama tiga hari di dua tempat yang berbeda, yakni Pondok Pesatren An-Nur Tanggulangin dan Tugu Pahlawan. Semua proses pembuatan video, dari mulai konsep, isi materi, hingga editing hanya dilakukannya sendirian. “Pengambilan video menggunakan camera dan filenya kemudian dipindahkan ke Android untuk proses composi  dan editing,” ungkap Fariz.

Fariz yang juga dikenal sebagai pembimbing asrama di Pondok Pesantren An-Nur itu mengatakan, keikutsertaannya dalam lomba tersebut ingin menyampaikan informasi kepada masyarakat bahwa Bahasa Arab memiliki hubungan erat dengan kesejahteraan masyarakat. “Melalui video itu, saya ingin menyampaikan hubungan antara Bahasa Arab dengan seorang pemimpin muslim dan pengaruh Bahasa Arab kepada umat,” imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa semua ide itu berawal dari keresahannya melihat bagaimana perkembangan zaman justru semakin menjauhkan umat dari Al-Quran dan Sunnah. Maka cara untuk mendekatkan kembali dengan hal itu, lanjut Fariz, ialah dengan memahami maknanya. “Dan kedua hal itu tidak dapat dipahami secara utuh kecuali dengan memahami Bahasa Arab,” jelasnya.

Mahasiswa semester 2 itu juga menambahkan bahwa muslim harus bersyariat. Syariat sendiri harus berdasarkan kehendak Allah, sebagaimana dalam Al-Quran dan Hadist nabi. “Dari sini telah jelas hubungan seorang muslim dengan Bhasa Arab sangatlah besar,” jelasnya.

Di balik niat baiknya menyampaikan informasi itu, Fariz mengaku sempat mengalami kendala dalam proses pembuatan video, seperti sulit mencari waktu izin keluar pondok karena pandemi, tidak adanya mic eksternal sehingga audio yang dihasilkan kurang maksimal, serta  memori Hp yang tidak cukup ruang. Meskipun begitu, video yang dibuat tetap berhasil membawanya menjadi juara.

Terakhir, Fariz berpesan agar kedepannya teman-teman termotivasi untuk belajar Bahasa Arab dan menganggap bahwa Bahasa Arab adalah Bahasa yang indah dan mudah. “Bahasa pada dasarnya adalah komunikasi. Semakin sering dipraktekkan maka akan semakin mudah menggunakannya,” tandas mahasiswa yang sudah menyenangi Bahasa Arab sejak 2014 itu.

Penulis : Shinta Amalia Ferdaus

edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Bank Syariah Indonesia Serahkan satu Ekor Sapi ke Umsida
July 22, 2021
Umsida Bagikan Paket Daging Kurban
July 20, 2021
Prodi Teknik Mesin Adakan Webinar Kuliah Tamu Nasional, Wakil Dekan Sampaikan Ini
July 18, 2021
Prodi Ikom Umsida Ajak Mahasiswa Kreatif Lewat Digital Marketing
July 17, 2021
Mantan Menko Kesra Sampaikan Inovasi di Masa Pandemi
July 17, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI