• Alumni
  • Alumni

Bantu Tingkatkan UMKM, Tim KKN-P Buat Pengolahan Lele Menjadi Nugget dan Pentol

Umsida.ac.id – Untuk membantu meningkatkan kualitas perekonomian warga desa Modong, Tim Kuliah Kerja Nyata-Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Kelompok 53 adakan pelatihan pengolahan ikan lele menjadi olahan nugget dan pentol yang enak dan bergizi kepada ibu–ibu PKK di Balai Desa Modong Kecamatan Tulangan, Minggu (14/3).

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah untuk membantu peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta diharapkan dapat menjadi produk unggulan desa di Desa Modong.

Pelatihan ini diberikan guna memberikan edukasi kepada warga bahwa potensi yang dimiliki dapat dijadikan sumber penghasilan dengan inovasi dan kreasi lain menjadi sebuah olahan yang lebih menarik perhatian dan memiliki daya jual lebih tinggi.

Pelatihan ini dilakukan dengan menjelaskan cara proses pengolahan lele hingga menjadi nugget dan pentol. Lalu cara pemasarannya hingga pembuatan logo serta nama merk yang akan digunakan. Kemudian rincian harga serta keuntungan yang didapatkan.

Wakil Koordinasi Desa (Kordes), Fenty Rahmawati Fajri menjelaskan bahwa pelatihan ini diadakan karena melihat dari potensi budidaya lele yang ada, serta melihat dari keresahan masyarakat di Desa Modong mengenai UMKM, “Alhamdulillah senang dan lega rasanya warga dapat berpartisipasi dan berantusias untuk mengikuti program ini, apalagi saat beberapa warga diminta untuk mencoba dan merasakan bagaimana hasil olahan nugget dan pentol lele ini,” tuturnya.

Koordinator Program Pelatihan, Siska Dwi Wahyuni menambahkan bahwa kegiatan berjalan dengan lancar dan tanpa diduga antusias warga sangat baik dalam program pelatihan yang dilaksanakan, “Pelatihan ini diberikan tepat mengenai sasaran kepada ibu – ibu PKK, sehingga program ini dapat berjalan secara maksimal,” pungkas Siska.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ibu Ketua PKK, Siti Budi Utami yang merasa termotivasi dan tergerak dari adanya program yang dilaksanakan kali ini, “Pelatihan yang diadakan oleh tim KKN dari UMSIDA ini sangat berguna bagi kami yang memang sehari – harinya hanya menjadi ibu rumah tangga dan membutuhkan kegiatan yang dapat menghasilakan uang seperti saya,” tutur Siti.

Ditulis : Berliana Putri Pertiwi
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply

Berita Terkini

Keberhasilan Puasa ala Dirut RSA Siti Fatimah
May 10, 2021
HMTI Umsida Adakan Bagi Takjil dan Buka Bersama
May 8, 2021
Berkah Ramadan, Lazismu Umsida Bagi Takjil Bersama Ormawa
May 5, 2021
Umsida Ikuti Sosialisasi program KIP Kuliah Merdeka 2021
April 30, 2021
Solusi Cerdas Desa Lewat Aplikasi Sistem Informasi Berbasis Web
April 30, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI