• Alumni
  • Alumni

Peduli Akan Aset Wisata Desa Pacet, Tim KKN-P Kembangkan Wisata COD

Umsida.ac.id – Peduli akan aset wisata Desa Pacet, tim Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) 2020 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), bekerja sama pengelola wisata kembangkan wisata Camping Outdoor Dolanan (COD), di Desa Pacet Tegal Klopo, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, pada Minggu (12/02).

Kerja sama pengebangan wisata COD itu berawal dari ungkapan Teguh Prayitno, pengurus wisata COD, “Tempat ini itu sebetulnya wisata, tapi ya karna masyarakat jarang ada yang tau tempat ini, jadi jarang ada pengunjung,” jelasnya.

Upaya pengembangan itu, diawali dengan mengadakan musyawarah bersama pengurus wisata COD dan juga karang taruna Desa Pacet untuk mengetahui masalah apa saja yang menjadi kendala berkembangnya wisata COD.

Muhammad Yusril Ihzza, koordinator KKN-P Desa Pacet mengungkapkan, “Di musyawarah itu, kami rasa perlu adanya pengadaan petunjuk arah menuju tempat wisata, perlu ada perluasan parkiran, dan promosi lewat sosial media,” pungkasnya.

Dari musyawarah itu, tim KKN-P bekrja sama dengan pengurus karang taruna dengan dibantu warga setempat untuk melakukan beberapa perbaikan, mulai dari pembuatan rambu dan petunjuk arah, memberikan wawasan pengembangan promosi melalui sosial media, hingga pengadaan lahan parkiran dengan cara membersihkan rumput liar.

“Adanya upaya pengembangan wisata ini, semoga wisata COD bisa menjadi wisata unggulan desa, dan untuk kedepannya masyarakat dapat bergotong royong untuk menjaga dan mengembangkan tempat wisata ini,” ungkap Yusril.

Ditulis Oleh: Yusrizal Aditya Riswanda
Editor: Sayyidatunisa

Leave a Reply