• Alumni
  • Alumni

Pendaftaran PMB Umsida Gelombang Pertama Akan Segera Berakhir

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) membuka Penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk gelombang pertama. Pendaftaran ini dimulai tanggal 4 Maret 2021 dan berakhir pada 31 Maret 2021. Hamzah Setiawan M Kom, Kabid PMB Umsida Menjelaskan animo masyarakat pada pendaftaran mahasiswa baru di umsida. ‘‘Sejak dibukanya penerimaan mahasiswa baru gelombang pertama, pada tanggal 4 Januari 2021, pendaftaran yang dilakukan secara online melalui website pmb.umsida.ac.id ini, terhitung telah banyak calon mahasiswa baru yang mengakses website atau pun mengklik pendaftaran online. Jika melihat pengunjung website, dari jumlah pengujung 6.714 pengunjung pada bulan ini, para pendaftar telah memahami alur pendaftaran secara online,”jelasnya saat dihubungi umsida ac.id, Kamis (19/3)

Untuk gelombang pertama pendaftaran mahasiswa baru telah dibuka empat jalur, yaitu jalur regular, prestasi, bidikmusi Umsida (meliputi bidikmisi Umsida yatim piatu, bidikmisi keluarga kurang mampu dan bidikmisi program studi) dan kerjasama. Biaya pendaftaran untuk gelombvang pertama pada S1,D4, dan D3 sebesar Rp350.000,00, adapun untuk S2 sebesar Rp450.000,00.

Hal senada juga diungkap Staff PMB Umsida, Aviva Abidah S Pd, ‘‘Sejak awal 4 Februari 2021 telah ada 1.225 calon mahasiswa baru yang telah menyelesaikan tahap pertama pada pendaftaran mahasiswa baru, adapun jumlah mahasiswa yang telah melakukan pengisian formulir terhitung ada 306 pendaftar,’’ ujarnya.

Alur pendaftaran mahasiwa tahun 2021 ini dibuka secara online dengan alur pendaftaran, pertama mahasiswa melakukan pembuatan akun dengan mengunjungi website pmb.umsida.ac.id dengan mengklik pendaftaran online dan mencetak akun pendaftaran, kedua setelah mahasiswa melakukan pencetakan akun calon mahasiswa harus melakukan pembayaran yang tertera pada akun yang telah dicetak. Ketiga, melakukan pengisian formulir dan melakukan login melalui website registrasi.umsida.ac.id. keempat mengikuti tes seleksi secara online pada waktu dan tempat yang tertera pada kartu tes. Kelima, melihat pengumuman dari hasil seleksi pada website pmb.umsida.ac.id.

Berdasarkan analisa, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pandemi di tahun kedua ini cukup memberikan dampak penurunan pada jumlah calon pendaftar, dari jumlah 1.225 calon mahasiswa yang telah melakukan pembuatan akun, diperkirakan mereka adalah para siswa lulusan tahun 2020, ‘’Adapun untuk para siswa lulusan tahun 2021, analisa kami mereka masih menunggu hasil seleksi dari SNMPTN, namun kami tetap optimis bahwa pendaftar tahun 2021 ini akan lebih banyak dari sebelumnya, dengan dibukanya dua Program Studi baru S1 Bisnis Digital dan S1 Teknik Sipil,’’ kata Staff PMB ini. ‘’Seleksi pada PMB kali ini berlaku untuk semua jalur, hal ini berdasarkan tes UTBK dan seleksi berkas (bagi jalur prestasi dan bidikmisi Umsida),’’ tambahnya.

Ada banyak kegiatan yang telah dilakukan untuk menarik calon mahasiswa baru, baik itu melalui media sosial atau pun kegiatan daring. Untuk mensukseskan PMB pada tahun ini, Umsida telah mengikuti berbagai pameran pendidikan / expo pendidikan, baik skala regional atau pun nasional. Seperti edufair, expo campus serta kegiatan alumni lainnya.

Seleksi Pendaftaran mahasiswa baru ini akan dibuka hingga tiga gelombang, selanjutnya untuk gelombang kedua akan dibuka pada 1 april 2021 dan akan berakhir pada 30 Juni 2021. Adapun penutupan pendaftaran akan ditutup setelah gelombang tiga tanggal 31 Agustus 2021.

ditulis : Rina Aditia Dwi Astuti

Edit : Ping darojat –

Leave a Reply

Berita Terkini

Ketua PWM Jatim: Allah memiliki Skenario
April 10, 2021
Umsida Gelar Takziyah Virtual Kenang Nadjib Hamid
April 10, 2021
Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI