• Alumni
  • Alumni

Prodi MIK Umsida Kerjasama APTIRMIKI Adakan TOUKOM

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sudoarjo (Umsida) bekerjasama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (APTIRMIKI) adakan Try Out Uji Kompetensi (TOUKOM) secara luring, Sabtu (27/3).

Try out ini dilaksanakan selama 3 hari Sabtu-Minggu (27-29/3) dengan dua sesi per harinya. Kegiatan ini dibantu dua pengawas dari Umsida dan STIKES Dr.Sutomo. TOUKOM dimonitor langsung oleh panitia APTIRMIKI pusat melalui virtual meeting. Try Out ditujukan kepada mahasiswa Manajemen Informasi Kesehatan (MIK) untuk menguji kompetensi mereka.

Sebanyak 107 mahasiswa berasal dari perguran tinggi negeri dan swasta domisili Surabaya dan sekitarnya.“Ruangan dan tempat duduk yang sudah diatur sedemikian rupa oleh panitia agar tetap menjaga protokol kesehatan. Salah satunya menjaga jarak antar peserta selama pelaksanaan kegiatan, menggunakan  masker, faceshield dan handscoon untuk Alat Pelindung Diri (APD),” Ujar Angga salah satu pengawas.

Umi Khoirun Nisak S KM M Epid dosen MIK umsida menjelaskan jika kegiatan try out ini sesuai dengan prokes yang dianjurkan pemerintah. “Tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat, mengingat kita masih dalam kondisi pandemi. Para peserta datang dan diukur suhu tubuhnya, mencuci tangan kemudian dilanjutkan ke ruang transisi sebelum mereka masuk keruangan tryout atau test,” Jelasnya.

Bidang yang diujikan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor : HK.01.07/MENKES/312/2020 KMK 312 Tahun 2020 Tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan yaitu, profesinalisme yang luhur, etika dan legal, mawas diri dan pengembangan diri, komunikasi efektif, manajemen data dan informasi kesehatan, keterampilan klasifikasi klinis, modifikasi penyakit dan masalah kesehatan lainnya serta prosedur klinis, aplikasi statistik kesehatan, epidemiologi dasar, biomedik, manajemen pelayanan. Bidang yang diujikan ini disesuaikan dengan level pendidikan setiap peserta. Tryout ini menggunakan system Computer Based Test (CBT) dan para peserta akan menghadapi 180 soal dengan durasi waktu 180 menit.

Diharapkan melalui kegiatan tryout TOUKOM ini mahasiswa program studi rekam medis dan manajemen informasi kesehatan bisa mengukur kompetensi mereka. Apabila ada peserta yang belum mencapai kompetensi, maka perguruan tinggi penyelenggara pendidikan prodi MIK sehingga bisa menyiapkan pelatihan sebelum adanya ujian untuk mengasah kemampuan para mahasiswa.

Penulis : Zhahlya Amaldha

Edit : Anis Yusandita

Leave a Reply

Berita Terkini

Ketua PWM Jatim: Allah memiliki Skenario
April 10, 2021
Umsida Gelar Takziyah Virtual Kenang Nadjib Hamid
April 10, 2021
Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI