• Alumni
  • Alumni

Tingkatkan Minat Belajar Siswa Desa Kejapanan, Mahasiswa Umsida Lakukan Ini

Umsida.ac.id – Guna meningkatkan minat belajar siswa, Tim Kuliah Kerja Nyata- Pencerahan (KKN-P) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) bersama Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Karang Taruna (Kartar) Tunas Harapan Desa Kejapanan gelar acara roadshow KANCANOFI (Kejapanan Membaca dan Nonton Film) namun tetap menerapkan protokol kesehatan di Desa Kejapanan, Gempol, Kamis (25/02).

Acara ini sebagai bentuk kegiatan literasi bagi siswa-siswi di Desa Kejapanan. Dimana siswa bisa datang untuk membaca buku sesuai keinginan mereka melalui perpustakaan keliling atau disebut sebagai Mobil Kaca (Kamis Membaca) yang diselenggarakan pada pagi hari.

Muhammad Ali Rohman selaku Ketua Koordinasi Desa (Kordes) Tim KKN-P Umsida mengungkapkan bahwa acara ini dibuat untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, “Tim KKN-P umsida dan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan kegiatan ini, dibantu dengan Karang Taruna Desa Kejapanan menyelenggarakan acara tersebut untuk mengajak adek-adek agar memiliki semangat belajar selama PJJ (pembelajaran jarak jauh),” ungkap Ali.

Selain itu, pada malam hari ada bioling (Bioskop Keliling) untuk mengedukasi warga setempat. Film tentang dua sosok ulama ternama Indonesia yakni KH M Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan dipilih mahasiswa untuk nonton bareng masyarakat setempat, “Dengan dihadirkannya bioling ini merupakan upaya kami semua untuk memberikan edukasi mulai dari toleransi dan keberagaman kepada masyarakat lewat dua ulama kenamaan Indonesia KH M Hasyim Asy’ari dan KH Ahmad Dahlan,” lanjut Ali.

Kepala desa Kejapanan, Randi Saputra mengapresiasi positif kegiatan KANCANOFI di Desa Kejapanan. “Saya menyambut positif kegiatan ini karena selain termasuk program pertama kami di Desa Kejapanan tahun 2021, dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan minat baca serta pengetahuan anak-anak, dan dapat menghilangkan trauma healing anak-anak terkait keluarga atau tetangga yang terpapar covid-19,” ujarnya.

Ia menambahkan jika acara ini dapat menjalin hubungan silahturahmi antar warga di Desa Kejapanan, “Dengan adanya acara-acara tersebut, mampu untuk memberikan suatu hiburan yang bermanfaat dan agar terciptanya kesejahteraan dan silaturahmi yang tetap terjaga antar warga di Desa Kejapanan,” tuturnya.

di tulis : Muhammad Ali Rohman dan Sri Indah Mulyantiningsih
Editor : Asita Salsabilla Maharani

Leave a Reply

Berita Terkini

Duka Cita Mendalam Umsida untuk Nadjib Hamid
April 9, 2021
Tingkatkan Kecerdasan Anak Lewat Game Edukatif berbasis Android
April 8, 2021
Umsida Lakukan Pendampingan Kartar desa Kebon Anom Sebagai Penggerak Ekonomi Masyarakat
April 8, 2021
Umsida Ajak Masyarakat Produktif Lewat Ketahanan Pangan
April 8, 2021
Prodi IPA Umsida: Melahirkan Tenaga Pendidik IPA Berkarakter unggul Di Era 4.0
April 7, 2021

Agenda

Please activate "The Events Calendar" plugin to use this item

Penerimaan Mahasiswa Baru

 

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI