• Alumni
  • Alumni

Tingkatkan Produk UMKM, Tim KKN Gurah Gelar Workshop Pengolahan Rambutan

Umsida.ac.id – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pencerahan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar workshop pengolahan rambutan. Rambutan itu dikreasikan menjadi berbagai macam olahan makanan di Desa Tiru Lor, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, pada Selasa (11/2).

Praktik Langsung Pengolahan Rambutan oleh Ibu-ibu Desa Tiru Lor

Acara yang diikuti oleh 25 orang yang mewakili dari 4 dusun ini merupakan salah satu program kerja unggulan dari Tim KKN-P Desa Tiru Lor Umsida.

Menurut Arsa Firdausi Nabilah, penanggung jawab workshop, kegiatan ini merupakan salah satu cara kami memanfaatkan buah rambutan, “Yang mana ketika survei lokasi KKN, kami melihat hampir setiap rumah warga memiliki buah rambutan,” ujarnya.

“Akhirnya kami memiliki ide untuk menjadikan proker unggulan kami yakni memanfaatkan buah rambutan yang diolah menjadi beberapa produk seperti selai, permen, dan minuman,” sambung Arsa, sapaan akrabnya.

Arsa menambahkan, “Rambutan ini memiliki nilai jual yang murah, kisaran 2000/kg ketika masih di pohon. Kami mencoba mencari cara bagaimana meningkatkan nilai jual dari buah rambutan, yang harapan kami dapat meningkatkan nilai ekonomi desa Tiru Lor.”

Untuk selai dan permen, lanjut Arsa, bahan dan cara pengolahannya hampir sama, hanya waktu memasak untuk permen lebih lama. “Sedangkan untuk minuman, berbahan kulit rambutan yang dibersihkan rambutnya kemudian diblender dan diambil sarinya utuk direbus,” jelasnya.

“Rambutan mengandung vitamin C yang tinggi, mineral, protein serta karbohidrat yang cukup seimbang,” terang Arsa.

Terakhir, Arsya menyampaikan, “Produk ini rencana akan dijual di salah satu objek wisata, dan nantinya akan dijadikan sebagai oleh-oleh wisata khas Desa Tiru Lor. Kami berharap produk ini terus dikembangkan oleh warga daan semakin dikenal masyarakat luas,” tandasnya

Selepas kegiatan, Dewi Suliyani, Kepala Dusun Bolowono memberikan apresiasi atas kegiatan workshop tersebut, “Saya mengucapkan terimakasih atas ilmunya kepada adik-adik KKN, semoga dengan workshop ini dapat dimanfaatkan ibu-ibu terutama untuk menambah penghasilan keluarga. Melihat selama ini rambutan hanya dimakan sebagai buah biasa, namun sekarang sudah tau inovasi lain,” ungkapnya.

Ditulis Oleh : Lusi Ningtias Ratnawati
Editor : Erika Mulia Arsy

Leave a Reply

Berita Terkini

Umsida Kirim Relawan Psikososial Bantu Pengungsi Semeru
January 18, 2022
Umsida Lepas Mahasiswa Peserta Program Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound
January 18, 2022
Kadin Jatim Tanda Tangani MoU Kerjasama dengan Umsida
January 17, 2022
Siapkan Kompetensi Lulusan, Umsida Launching Lembaga Sertifikasi Profesi
January 17, 2022
Perkuat Kerjasama Umsida dan Um Palembang Tanda tangani MoU Catur Dharma Perguruan Tinggi
January 14, 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru

PENERIMAAN MAHASISWA BARU


Gedung B, Kampus Sidowayah
Jl. Mojopahit No. 666 B, Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61271


WhatsApp  : 0877-5222-8200
Tlp          : 081-1309-1000
Email      : pmb@umsida.ac.id

JAM PELAYANAN

Senin – Jumat (08.00- 19.30 WIB)

Sabtu (08.00- 17.00 WIB)

 

KLIK DISINI