Umsida.ac.id – Communication Sharing Session (Commsession) prodi Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) tahun ini mendatangkan Influencer asal Universitas Airlangga, Rana Adelisa S M yang hadir sebagai pembicara dalam Talkshow Personal Branding bertajuk “Build and Brand yourself to Stand out in Competition in the 4.0 Era” di Hall BG Junction Surabaya, Minggu (8/3).
Rana merupakan pemuda berbakat yang tidak hanya kreatif, namun juga memiliki akademik yang cemerlang. Tak hanya itu, ia juga seorang Finalis Duta Pariwisata Cak Ning Surabaya tahun 2019.
Dalam sesinya, Rana menyampaikan materi yang ringan namun berkualitas. Menurut Ning Surabaya ini, personal branding adalah bagaimana cara mempromosikan diri melalui sebuah citra. “Personal branding adalah tentang how you see yourself and how other see you,” ungkapnya.
Rana menyampaikan bahwa personal branding dapat dibentuk melalui empat cara. “Be yourself atau jadilah diri sendiri, perhatikan behavior yang positif, asah skill agar diri ter-upgrade dan yang terakhir adalah show, agar orang lain dapat melihat kita,” paparnya.
Selain Influencer, Ning Surabaya yang memperoleh gelar sarjana terbaik Manajemen Unair dengan IPK 3,93 ini membagikan tips agar sukses di akademik maupun pekerjaan. “Tipsnya adalah dengan cara menentukan skala prioritas, kejar target yang ingin dicapai, fokus pada apa yang dituju, take a break sementara waktu agar energi kembali terisi, dan beri reward ke diri sendiri setelah target yang dituju tercapai,” terang Rana.
Menurut Rana, masalah edukasi ataupun kerjaan haruslah dilakukan sebaik mungkin. “Aku selalu berusaha maksimal. Karena kesuksesan adalah akumulasi dari kerja keras,” pungkasnya.
Reporter: Hurum Maqsurat Filqiyam
Editor: Erika Mulia Arsy